Cara Backup Database MySQL

Hallo Sahabat Belajar IT. Semoga sahabat sekalian senantiasa diberi kesehatan dan selalu diberi kemudahan belajar dan menjalankan aktifitas. Cara Backup Database MySQL, itulah topik yang akan saya angkat kali ini. :mrgreen: Sebenarnya, banyak cara untuk Backup Database MySQL. Seperti, menggunakan phpMyAdmin, Command dan MySQL Administrator. Tidak perlu panjang lebar, takut dilirik Om Arman. :mrgreen:

Sebelumnya, Anda sudah tahu mengenai Database, kan? Database atau Basis Data adalah sekumpulan data atau informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik. Setelah disimpan, kemudian data bisa diolah menggunakan perangkat lunak untuk keperluan tertentu. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil query database disebut database management system (DBMS).

Cara Backup Database MySQL ini saya menggunakan MySQL Administrator. Mengapa? Mungkin karena saya terbiasa menggunakan MySQL, jadi menurut saya lebih mudah menggunakan cara ini.  Cara Backup Database MySQL cukup sederhana. Berikut langkah-langkah untuk Backup Database MySQL.

1. Pastikan Apache, MySQL pada xampp Anda dalam keadaan running. Pastikan juga database yang akan Anda copy dalam keadaan sehat. :mrgreen:
2. Kemudian Anda masuk MySQL Administrator. Anda masih dalam tampilan utama, sorot dan pilih Menu Backup yang ada pada sidebar kiri. Kemudian pilih New Project.

New Project SQL
New Project SQL

3. Setelah itu, form Backup Project akan aktif. Di sini, yang wajib di isi adalah:Save Project

  • Project Name (Nama Project). Misal yang mau dibackup adalah database buku tamu. Maka buatlah nama yang hampir sama untuk mempermudah pencarian dan mengingat.
  • Klik database buku tamu yang ada pada schemata. Kemudian klik panah kanan. Sama artinya dengan Anda memindahkan database tersebut ke ruas kanan.
  • Cek database pada ruas kanan, pastinkan database sudah terduplicate pada kolom backup content.
  • Klik Save Project.

4. Anda cek pada kolom Backup Projects. Setelah backup masuk, yaitu bukutamu. Maka langsung klik Execute Backup Now. Ini adalah perintah untuk segera dieksekusi. Database akan segera ditindak lanjuti.

3 Executeable Backup
5. Langkah berikutnya yaitu Anda memilih tempat penyimpanan database yang akan diexecute. Tempatkan di drive yang aman dan kira-kira masih cukup untuk spacenya, kemudian klik Save.

4 Save SQL
6. Setelah itu, akan segera di eksekusi, tunggu beberapa menit sampai Backup Database selesai. Untuk memastikan database sudah dibackup atau belum, Anda langsung cek pada tempat penyimpanan (drive) tadi.

5 Backup Selesai

Cara Backup Database MySQL begitu mudah, bukan? Kalau Anda sendiri menggunakan cara atau metode apa untuk Backup Database MySQL?

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *