Struktur Dasar Dokumen HTML

Serasa bernostalgia kembali, saat akan menulis tentang struktur dasar dokumen HTML ini. Bernostalgia saat awal belajar dasar HTML di kelas. Saya memang kurang tekun mempelari HTML, karena saya kurang paham pada mata kuliah ini. 😉 Saat menulis tentang HTML ini, saya teringat pada salah satu teman. Kemarin, ketika mengerjakan Tugas Akhir (TA), dia mengambil judul tentang Sistem Informasi Berbawis WEB. Pada ujian pendadaran, selain ditanya mengenai program berserta langkah pembuatannya, dia juga ditanya beberapa teori yang terkait dengan judul TA. Pertanyaan tentang teori tersebut tentunya sudah tertulis pada laporan TA.

Sekedar berbagi pengalaman, ternyata saat akan ujian pendadaran, sebagian besar mahasiswa hanya fokus pada program yang sudah dibuat dan mengabaikan teori dasar yang berhubungan dengan judul TA, termasuk saya sendiri. 🙂 Ada beberapa pertanyaan unik yang di berikan oleh Dosen Penguji kepada teman saya, seperti; Apa kepanjangan dari HTML? Apa yang dimaksud dengan Internet, Apa yang dimaksud dengan browser?. Kata-kata yang terdapat dalam pertanyaan tersebut memang sering kami lafadzkan, seperti; HTML, Internet, Browser. Dikutip dari cerita teman saya, bahwa ketika ditanya hal-hal atau teori-teori yang terdengar sepele, justeru tidak bisa terjawab, itu semua karena sudah terlanjur fokus program yang sudah dibuat dan kurang mempelajari teori.

Jika hal itu terjadi pada saya, kemungkinan akan sama. Saya tidak bisa menjawab pengertian dari masing-masing pertanyaan. 😆 Saya yakin, selain kurang mempelajari teori, kebanyakan dari mahasiswa ketika akan ujian hati sudah tidak tenang dan pikiran buyar yar yar. 😆 Mari bernostalgia sejenak dengan Struktur Dasar Dokumen HTML.

HTML merupakan singkatan dari HyperText Markup Language adalah script untuk menyusun dokumen-dokumen Web. Dokumen HTML disimpan dalam format teks reguler dan mengandung tag-tag yang memerintahkan web browser untuk mengeksekusi perintah-perintah yang dispesifikasikan.

Struktur dasar dokumen HTML adalah sebagai berikut:

<html>
<head>
<title>Disini Judul Dokumen HTML</title>
</head>
<body>
Disini penulisan informasi Web
</body>
</html>
Dari struktur dasar HTML di atas dapat dijelaskan sebagai berikut:

a. Tag
Adalah teks khusus (markup) berupa dua karakter “<” dan “>”, sebagai contoh <body> adalah tag dengan nama body. Secara umum tag ditulis secara berpasangan, yang terdiri atas tag pembukadan tag penutup (ditambahkan karakter “/” setelah karakter “<“), sebagai contoh <body> ini adalah tag pembuka isi dokumen HTML, dan </body> ini adalah tag penutup isi dokumen HTML.

b. Element
Element terdiri atas tiga bagian, yaitu tag pembuka, isi, dan tag penutup. Sebagai contoh untuk menampilkan judul dokumen HTML pada web browser digunakan element title, dimana: <title> ini adalah tag pembuka judul dokumen HTML, Disini Judul Dokumen HTML ini adalah isi judul dokumen HTML, </title> ini adalah tag penutup judul dokumen HTML. Tag-tag yang ditulis secara berpasangan pada suatu element HTML, tidak boleh saling tumpang tindih dengan pasangan tag-tag lainnya.
Contoh penulisan tag-tag yang benar:

<p>
<b>
…………….
</b>
</p>

c. Attribute
Attribute mendefinisikan property dari suatu element HTML, yang terdiri atas nama dan nilai. Penulisannya adalah sebagai berikut:
<tag>
nama-attr=”nilai-attr”
……………..
</tag>

Secara umum nilai attribute harus berada dalam tanda petik satu atau dua. Sebagai contoh, untuk membuat warna teks menjadi kuning dan latarbelakang halaman web menjadi hitam, penulisannya adalah <body bgcolor=”black” text=”yellow”>.

d. Element HTML
Menyatakan pada browser bahwa dokumen Web yang digunakan adalah HTML.
Sintaks:
<html>
……….
</html>

e. Element HEAD
Merupakan kepala dari dokumen HTML. Tag <head> dan tag </head> terletak di antara tag <html> dan tag </html>.
Sintaks:
<head>
………..
</head>

f. Element TITLE
Merupakan judul dari dokumen HTML yang ditampilkan pada judul jendela browser. Tag <title> dan tag </title> terletak di antara tag <head> dan tag </head>.
Sintaks:
<title>
………
</title>

g. Element BODY
Element ini untuk menampilkan isi dokumen HTML. Tag<body> dan tag </body> terletak di bawah tag <head> dan tag </head>. Element BODY mempunyai attribute-attribute yang menspesifikasikan khususnya warna dan latarbelakang dokumen yang akan ditampilkan pada browser.
Sintaks:
<body text=”v” bgcolor=”w” background=”uri” link=”x” alink=”y” vlink=”z”>
…………..
</body>

Keterangan : Attribute text memberikan warna pada teks, bgcolor memberikan warna pada latarbelakang dokumen HTML, background memberikan latarbelakang dokumen HTML dalam bentukgambar, link memberikan nilai warna untuk link, alink memberikan warna untuk link yang sedang aktif, vlink memberikan warna untuk link yang telah dikunjungi. Jika attribute bgcolor dan background keduanya dispesifikasikan maka attribute background yang akan digunakan, akan tetapi jika nilai attribute background (gambar) tidak ditemukan pada dokumen HTML maka attribute bgcolor yang akan digunakan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *