Atribut Pada Himpunan Fuzzy

Sahabat Belajar IT. Sebelum belajar lebih lanjut tentang Atribut Himpunan Fuzzy, ada baiknya kalian membaca tulisan tentang Logika Fuzzy di sini. Logika Fuzzy adalah salah satu turunan atau rumpun dari sistem cerdas.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang Atribut Himpunan Fuzzy yang biasa disebut dengan Karakteristik Fuzzy. Sebelum masuk pada studi kasus, Anda perlu memahami atribut yang ada pada sistem fuzzy. Atribut ini berfungsi untuk membedakan penyebutan pada suatu himpunan. Himpunan fuzzy memiliki 2 atribut, yaitu:

  1. Linguistik, yaitu penamaan suatu grup yang mewakili suatu keadaan atau kondisi tertentu dengan menggunakan bahasa alami.
  2. Numeris, yaitu suatu nilai (angka) yang menunjukan ukuran dari suatu variabel.

Untuk lebih memantapkan, saya akan memberikan contoh study pada Bidang atau Bagian Penjualan. Ditinjau dari atribut linguistik, Penjualan dapat masuk dalam beberapa himpunan berbeda, contohnya; Sangat Sedikit, Sedikit, Sedang, Banyak dan Sangat Banyak. Anda bisa menambahkan penamaan, sesuai dengan range keanggotaannya.

Sedangkan atribut Numeris semua berisi nilai atau angka. Contohnya; 50, 55, 60, 65 dan seterusnya. Untuk interval, tidak ada ketentuan khusus, bisa jadi interval antar anggota semua 5, dan tidak menutup kemungkinan ada yang 10 dan seterusnya. Anda bisa mempelajari interval dengan pakar matematika, karena mereka mempunyai banyak metode untuk mencari interval.

Fungsi Keanggotaan Logika Fuzzy

Dan perlu saya ingatkan, seberapa besar eksistensi dalam himpunan tersebut, bisa dilihat pada nilai keanggotaannya. Seperti apa sih nilai keanggotaan dalam logika fuzzy? Besok disambung lagi ya. . . 🙂

Jika Anda belum paham mengenai Atribut Himpunan Fuzzy, jangan berkecil hati. Karena atribut ini hanya sebagai penamaan atau pedoman pelafalan, untuk memudahkan kita dalam penyebutan himpunan.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *