Mengenal Lembar Kerja Matlab

Dear Sahabat IT. Apakah sahabat sudah mengenal, apa itu Matlab?. Sebelumnya saya sudah pernah membuat postingan tentang Cara Install Matlab 7 di Windows 7. Pernah saya singgung pada potingan tersebut, MATLAB adalah sebuah bahasa dengan kemampuan tinggi untuk komputasi teknis. Matlab mampu menggabungkan komputasi, visualisasi, dan pemrograman dalam satu kesatuan yang mudah digunakan di mana masalah dan penyelesaiannya diekspresikan dalam notasi matematik yang sudah dikenal. Apabila ingin tahu lebih rinci tentang Matlab,  sahabat bisa membaca kembali di postingan tersebut.

Sebelum bekerja menggunakan Matlab, alangkah baiknya sahabat Mengenal Lembar Kerja Matlab terlebih dahulu. Ketika sahabat mulai membuka program MATLAB, Lembar kerja awal akan muncul. Lembar kerja yang berisi tools (Graphical User Interface) untuk mengatur file, variabel dan aplikasi yang berhubungan dengan MATLAB. Sebagai gambaran, sahabat bisa melihat tampilan awal Matlab di bawah ini.

Tampilan Awal Matlab

Setelah melihat tampilan awal Matlab, sahabat perlu mengenal lembar kerja yang ada di Matlab. Ada beberapa istilah yang ada pada lembar kerja Matlab, seperti Work space, Command Window dan Caommand History. Berikut ini penjelasan mengenai lembar kerja yang ada di Matlab.

Mengenal Lembar Kerja Matlab

Ketika sahabat bekerja di Command Window, semua perintah variabel dan data yang disimpan berada di dalam ruang kerja MATLAB. Ruang kerja “default” dari MATLAB berada di folder work di dalam folder MATLAB. Karena saya menggunakan Matlab versi 7.0.4, maka folder work berada di C:/Matlab704/work.

Bagaimana? Sahabat sudah Mengenal Lembar Kerja Matlab, kan? Jika belum, maka harus membaca lagi postingan ini secara seksama. 😆

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *