Cara Membuat Celengan Dari Kaleng Bekas

Celengan dari kaleng bekas (1)-tile

Celengan yaitu tempat tabungan anda pribadi yang bisa anda jebol kapan saja tanpa potongan tapi juga tanpa bunga , kali ini saya akan memanfaatkan beberapa kaleng bekas untuk membuat celengan dari kaleng bekas. Tidak ada hubungannya sama IT ! ini ada hubungannya kok dengan celengan nanti saya tujukan untuk membeli cooling pad laptop karena laptop ini jarang istirahat (nggak ada hubungannya kan sama IT).

Kaleng bekas kali ini saya dapatkan cuma-cuma dari jalan atau saya pungut dari tempat sampah , kalau banyak saya jual , dan sebagian saya manfaatkan untuk ide kreatifitas saya yang terkadang keluar sendiri. akhirnya saya pagi ini ada ide untuk membuat celengan saja , karena semalaman saya cari ide tidak keluar-keluar sampai pukul 00.00 saya akhiri dengan istirahat. Awal pagi saya mulai lagi dengan melihat dua botol bekas minuman , dan akhirnya saya niat untuk buat celengan.

bahan :

  1. Cutter besar (karena dengan cutter kecil biasanya patah)
  2. Penggaris
  3. Gunting
  4. Spidol
  5. Kaleng bekas (yang saya gunakan kaleng minuman larutan penyegar dengan bahan aluminium)

Cara membuatnya :

  • Pertama siapkan 2 kaleng bekas yang sudah anda bersihkan, usahakan cari motif yang sama agar nanti potongan atas dan potongan bahan bisa mirip.
    Celengan dari kaleng bekas (1)
  • Potong kaleng pertama agak panjang sekitar kurang lebih 9cm
  • Potong kaleng kedua agak pendek kurang lebih 3-4cm
  • Ukur dulu panjang potongan dan garis melingkar dengan spidol
  • Lanjutkan dengan membuat lubang dulu dengan cutter
  • Sayat garis yang anda buat dengan spido tadi dengan cutter , caranya tekan perlahan kedalam seperti anda menusuk , tapi perlahan-lahan , ketika sudah tersayat agak lebar anda bisa melanjutkannya dengan gunting.
    Celengan dari kaleng bekas (2)
  • Sisi atas dari kaleng tersebut tidak digunakan yang anda gunakan adalah sisi bawah sampai keatas 9cm tadi.
  • Setelah anda melakukan pemotongan selesai , anda harus membuat lubang tempat memasukkan uang anda , cara nya ambil potongan kaleng terpendek tadi , balik supaya anda bisa melihat sisi paling bawah kaleng tersebut, berikan lubang persegi panjang dengan ukuran sekitar kurang lebih : panjang 2-3 cm + lebar 0,5cm. cara memotongnya sama sepeti diatas , anda harus menekan secara perlahan untuk mendapatkan sayatan yang baik , dan lakukan dengan hati-hati untuk menghindari luka ditangan anda.
  • Tahap akhir anda tinggal menggabungkan potongan atas dan potongan bawah , masukkan secara perlahan dan memutar , jika terasa berat untuk masuk, coba agak di tekuk atau dilipat agar bisa masuk, kalau ingin lebih gampang bisa anda sobek sedikit agar bisa dimasukkan
  • Finishing : putar-putar agar posisi antara kaleng atas dan bawah bisa cocok.
  • Selesai.

Celengan dari kaleng bekas (3)

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *