Cara Membuat Laptop Stand Dari Triplek

Laptop Stand 6

Laptop Stand / stand laptop berguna untuk menyamankan posisi pengguna dalam menjalankan laptop , dari segi posisi , sudut kemiringan bisa pengguna tentukan sendiri agar posisi saat mengetik tidak terlalu terganggu. Maka kali saya menyempatkan diri untuk membuatnya , alasannya cukup simple karena netbook ini sering saya gunakan dan terkadang malah laptop ini menonton saya tidur , akhirnya saya mulai untuk memperhatikannya , kali ini saya akan sharing cara membuat laptop stand dari triplek plus kipas dibelakangnya .

Setelah beberapa bulan lalu saya share tentang laptop stand yang unik , kali ini saya mencoba iseng-iseng untuk membuatnya sendiri, pembuatannya saya menggunakan bahan-bahan bekas disekitar saya , mari disimak tutorial singkat dari saya .

Bahan utama untuk pembuatan Laptop stand kali ini adalah triplek / tripleks , tripleks adalah lembaran-lembaran kayu tipis yang dipress menjadi satu bagian, anda harus bisa membedakan tripleks dan multipleks , perbedaanya hanya pada jumlah lembarannya saja , jika hanya terdiri dari tiga lembar lapisan maka disebut tripleks , tapi jika jumlah lembarannya lebih dari tiga lembar / lebih tebal biasa disebut multipleks.

bahan-bahan yang dibutuhkan :

  1. Triplek (saya memakai triplek dengan tebal 0,5 cm)
  2. Cutter (cutter besar)
  3. Charger bekas atau kabel usb bekas
  4. Spidol
  5. Penggaris
  6. Gergaji (gergaji besi)
  7. Lem kayu
  8. Cat (kalau ada)
  9. Baut lancip dengan panjang sekitar 1-2cm (kalau ada)
  10. Amplas kayu
  11. Tali Klem
  12. Solasi

langkah-langkah :

Laptop Stand 1

  • ukur dahulu panjang dan lebar laptop anda , untuk ukuran normal di laptop saya adalah = 35 cm (panjang) lebar 23 cm (lebar)
  • setelah diukur dan digaris persiapkan papan dengan : panjang 35cm x 23 cm (2 lembar) dan 35 cm x 4 cm (3-4 lembar)
  • potong dengan gergaji besi secara perlahan , kalau ingin rapi anda bisa memotongnya tanpa gergaji , tapi memotongnya dengan cutter , caranya anda cutter menggunakan penggaris besi dan cutter , anda tekan secara terus -menerus , untuk hasil yang baik.
  • setelah menjadi potongan seperti gambar diatas , sekarang lanjut ke pembuatan lubang ventilasi , lihat sisi belakang laptop anda , biasanya ada sirip-sirip untuk sirkulasi udara , coba buatlah lubang tepat pas dibawah sirip-sirip ventilasi udara seperti gambar dibawah ini. Cara nya anda harus menggunakan ukuran yang pas agar posisinya tidak salah , gunakan penggaris dan spidol untuk membuat desain lubang.  (itu lubang seperti di laptop saya , tiap laptop memiliki lubang yang berbeda)

Laptop Stand 2

Laptop Stand 3

  • Setelah selesai membuat model lubang dan desain , buatlah papan yang sama ukurannya sama persisi dengan desain pertama anda , lalu tumpuk dan dilem dengan lem kayu , untuk hasil yang maksimal , tumpuk secara presisi antara triplek satu dengan yang kedua , lalu berikan beban di setiap sisinya agar lem bisa terekat dengan sempurna.
  • Setelah perekatan sekarang lanjut ke pembuatan sisi kaki dan pengganjal depan agar laptop tidak longsor maju , caranya potongan dengan ukuran 35cmX4cm tadi kita pasang : 2 -3 lembar di belakang bawah (tinggi tergantung kesukaan anda klo saya hanya memakai 2 lembar saja), dan satu lembah di depan atas . Anda bisa memberikan baut agar kuat , bisa pula anda lem saja dengan lem kayu.
  • Langkah terakhir pemasangan kipas , jika lubang ventilasi kurang lebar , coba perlebar lagi lubang ventilasi anda , untuk kipas yang saya gunakan memiliki ukuran 8cm .
  • kipas memilik 2 kabel warna yaitu hitam dan merah.
  • lanjut ke USB bekas anda , potong ujung usb (tapi jangan ujung USB yang mau dimasukkan ke laptop anda) biasanya ada 4 warna , kamu ambil 2 warna saja yaitu warna hitam dan merah , tinggal kamu gabungkan dengan kipas dan solasi.
  • Selesai tinggal pemasangan kipas di laptop stand kamu, saya menggunakan tai klem untuk mengikatnya seperti gambar dibawah ini.

Laptop Stand 4

  • Jika anda mempunyai sisa cat atau pelitur anda bisa mengecatnya agar lebih enak dipandang mata, karena saya kemarin memakai cat sisa dan ujung-ujungnya catnya kurang , hasilnya malah sisi belakang saja yang kena cat , dan sisi depan saya berikan potongan-potongan gambar saja. Lumayan keren kok :v

Laptop Stand 5Laptop Stand 6

tambahan :

  1. kipas bisa dibeli di toko elektronik
  2. jika tidak ada kabel bekas usb , anda bisa menggunakan charger ponsel bekas , tapi kendalanya anda butuh sumbr daya listrik untuk menghidupkan kipas , berbeda dengan usb , anda bisa colokkan ke port usb laptop anda , bisa juga anda colokkan ke power bank , bisa pula anda colokkan dengan charger dengan port usb.
  3. Lem kayu memilik daya rekat sangat kuat , tapi kelemahannya hanya dengan air, jika terkena air daya lekatnya akan luntur.
  4. Ini hanyalah ide saja , anda bisa mengembangkannya sekreatif anda sendiri. selamat mencoba 😀

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *