Cara memilih proyektor sesuai kebutuhan

Proyektor adalah suatu alat yang mengubah sinyal gambar atau video menjadi gambar atau video lagi di proyeksikan ke layar yang menggunakan sistem lensa . Proyektor menggunakan lampu yang sangat terang untuk dapat menampilkan gambar lagi ke layar yang lebar . Proyektor sekarang sudah banyak digunakan di sekolah , kantor , rumah sakit , rumah pribadi , proyektor dipilih sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing ada yang untuk presentasi, home theater, peyampaian materi , bisa juga untuk nonton bareng layaknya layar tancap jaman dulu :D, nah dari kebutuhan yang beragam tersebut , muncul juga harga proyektor sesuai dengan kebutuhan anda .

proyektor

Cara memilih proyektor sesuai kebutuhan

Point yang diambil paling utama adalah “lumens (Brightness)” , Berat , Umur lampu, ratio, dan fitur tambahan laiinya :

  • Lumens : Brightness (kecerahan) pada proyektor dihitung dengan lumens, kisaran lumens 800 sampai dengan 4000 (mungkin bisa lebih), semakin besar lumens semakin tinggi pula brightness pada proyektor , semakin bagus lumens semakin mahal pula harganya .
  • Berat : Perhitungkan berat juga bila anda sering berpindah-pindah untuk presentasi, usahakan berat dibawah 1kg , berat dipikirkan tapi ukuran dan bentuk coba pula anda pikirkan juga , supaya mudah dibawa .
  • Umur lampu : Proyektor biasanya memilik lampu tunggal , lampu tunggal ini memiliki umur pemakaian semakin mahal semakin panjang umur lampu tersebut , biasanya harga lampu tersebut 1/3 sepertiga dari harga proyektor yang anda beli.
  • Ratio : Ketajaman kualitas gambar yang akan ditampilkan diproyektor diukur dengan rasio semakin besar resolusi semakin bagus juga ketajaman gambar anda.
  • Fitur tambahan : Perhatikan juga fitur tambahan , ibarat kata bonus juga harus anda dapatkan kan ! , fitur tambahan biasanya ada : wireless, auto focus, memory expansion dll.

Pilih sesuai kebutuhanmu :

  1. Sekolah dan kantor : kami rekomendasikan diatas 2000 lumens untuk keperluan sekolah , kantor dll, karena di kantor dan sekolah yang jelas masih membutuhkan beberapa penerangan untuk presentasi , jadi sekitar 2500 lumens sangat dibutuhkan untuk idealnya , masalah ratio tidak perlu muluk-muluk ratio 300:1 sampai 400:1 saja cukup , karena tidak perlu membutuhkan detail gambar yang terlalu tajam.
  2. Home theater : Nah kalau ini beda , home theater tidak butuh benyak pencahayaan , malah nggak perlu cahaya sama sekali , gelap gulita , agar efek dari film berasa , untuk kebutuhan home theater dirumah anda tidak perlu banyak membutuhkan lumens , 800 sampai 1000 lumens saja cukup , tapi yang utama untuk home theater yang anda utamakan bukan lumens tapi resolusi dan ratio 1000 : 1 sampai 2000 : 1

Jadi tentukan pilihanmu !

tambahan resolusi :

  • SVGA (Super Video Graphics Array ) -> 800 x 600 pixel
  • XGA (eXtended Graphics Array )-> 1024 x 768 pixel
  • SXGA (Super eXtended Graphics Array ) -> 1280 x 1024 pixel
  • UXGA (Ultra eXtended Graphics Array ) -> 1600 x 1200 pixel

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *