Mudahnya Menggunakan Mirrorless Sony Alpha 5000

Belum lama ini, saya menukarkan kamera SLR Nikon D300 milik saya, dengan Mirrorless Sony Alpha 5000 milik adik saya. Saya belum punya pengalaman sedikitpun menggunakan Mirrorless.

Seorang teman, yang menurut saya sudah mahir dalam fotografi pernah menceritakan pengalamannya menggunakan Mirrorless. Pada dasarnya penggunaan kamera Mirrorless sama dengan kamera SLR, malah jauh lebih mudah ketimbang SLR. Mendengar kata β€œjauh lebih mudah”, saya pun ingin mencoba menggunakannya untuk hunting foto ke Bogor.

Beratnya kamera SLR ketimbang Mirrorless pun menjadi pertimbangan saya untuk segera menukarnya. Seminggu sebelum piknik ke Bogor, saya menukarkan SLR dengan Mirrorless Alpha 5000 milik adik saya.

Kebayang pegalnya pundak akan seperti apa jika tetap membawa SLR untuk mengambil foto-foto saat wisata di Bogor. Terlebih, saya mempunyai rencana untuk ke Air Terjun yang pasti perjalanan yang ditempuh tidak akan lurus-lurus saja.

β€œTenang saja, tidak bakal pindah tempat, kok. Hanya pinjam untuk sementara waktu.” Ucap saya kepada adik yang sepertinya was was kameranya bakal saya minta. :mrgreen:

TAMAN KENCANA BOGOR

Membawa Kamera Mirrorless adalah pilihan tepat supaya perjalanan tetap asyik, tanpa ada beban bawaan. Masih bisa jalan cepat atau bahkan lari-lari. πŸ˜€ Tidak berat lah, tidak sampai satu kilo. Hanya beban berupa berat badan saja yang terasa saat naik angkutan umum, ya.

Kaki Gunung Salak menjadi salah satu lokasi wisata sekaligus objek foto saat sampai di Bogor. Tepatnya, Pura Parahyangan Agung Jagatkarta atau yang lebih sering disebut hanya Pura Jagatkarta. Sebuah pura agama Hindu Nusantara yang terletak di Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

Untuk sampai ke Pura, setelah turun dari angkutan kota, saya menggunakan jasa ojek. Sesampainya di sana, ternyata sedang digunakan untuk ibadah. Tidak heran kalau suasana cukup ramai.

Pura Parahyangan Agung Jagatkarta Bogor

Tapi, sayang sekali, pura tersebut memberi batas kunjungan untuk para pengunjung. Maklum banget, karena tempat ibadah, ya. Sakral. Meski cukup kecewa, saya tetap saja menikmati suasana Pura yang saat itu diguyur hujan. πŸ˜€

Terlihat dari depan, Pura nampak bersih. Terlebih saat masuk kawasan Pura agak dalam, hijaunya rumput membuat adem. Bogor bangetlah, ya. Masih banyak yang hijau-hijau, gitu

Pura Parahyangan Agung Jagatkarta

Sedari awal masuk Pura, saya mulai memainkan Mirrorless menggunakan mode Intelegent Auto. Hahaha Iya, ini yang saya suka dari Mirrorless, tanpa disetting dia otomatis fokus sendiri. Hasilnya pun tidak mengecewakan. Bagi saya, lho, ya. Hanya saja, saat itu hujannya cukup awet. πŸ˜›

Sesekali saya mencoba menggunakan mode manual. Saat menggunakan mode ini, saya sedikit belajar cara settingnya. Beberapa kali gagal, gagal, dan terus gagal. Objek tidak fokus. πŸ˜€ Ngeblur mode on! Makanya, saya tetap setia menggunakan Intelegent Auto dimana ia bisa menyesuaikan dengan objek yang akan dibidik.

Di sini saya tidak lama, sebab punya destinasi berikutnya yang tidak kalah bagus. Yaitu wisata alam air terjun yang lokasinya tidak jauh dari Pura. Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Kebayang asyik seperti apa foto-foto di TNGHS.

Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Do you know, Kawan? Saya cukup lama menunggu Ojek yang tadi mengantarkan saya menuju Pura. Saya tidak bisa berbuat banyak untuk menghubungi Ojek. Karena, di sekitar Pura blas tidak ada signal. Cukup banyak waktu yang saya habiskan untuk hujan dan menanti signal. πŸ˜€ Jadi, sampai kawasan TNGHS untuk foto-foto Air Terjun pun hanya punya sedikit waktu.

AIR TERJUN NANGKA BOGOR

Lain cerita dan bakal irit semua saat hunting foto denan membawa mobil sendiri. Saya pilih mobil Toyota Agya untuk hunting foto di Bogor. Lebih agresif dan memberikan kepuasan tersendiri saat mengendarainya. Apalagi kalau lihat Exteriornya, ya. Mempesona!

Keamanan Toyota Agya berupa dual SRS Air Bags, tersedia bagi pengemudi dan penumpang depan untuk meningkatkan peluang keselamatan pengendara jika terjadi kecelakaan.

TOYOTA AGYA

Rasanya tidak ada alasan untuk menunda perjalanan jika menggunakan Mobil Toyota Agya. Didukung dengan audio yang canggih, tidak bakal bosan saat masih dalam perjalanan.
AUDIO AGYA

Hujan tidak lagi menjadi kendala. Apalagi yang namanya ingin mengirit bugdet untuk bahan bakar. Toyota Agya menjadi solusi untuk jalan-jalan dan hunting foto. Lebih gesit dalam perjalanan, sehingga makin banyak objek foto yang didapat.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *