Duuh…Kenapa Koneksi Data Selular 4G Ngga Muncul?

Permasalahan tentang koneksi data selular 4G kerap kujumpai. Uniknya, sebagian besar dari teman-teman yang mengeluhkannya, tuh, menyalahkan provider yang mereka gunakan saat itu juga.

“Kami sama-sama di teras. Ruby pakai Telkomsel juga dan signal 4G muncul. Sementara aku, HSPDA muluuu!”

“Handphoneku sama dengan Rendra. Sama-sama terkini, dan support 4G juga. Tapi tetap saja signal 4G ngga juga keluar. Sebaaal!”

“Ini di Kota, dan signal data selular cuma mentok di 3G. Ngeselin banget!”

Ada yang pernah mendapat pengalaman serupa seperti di atas?

Aku pernah. 😀 Mentok di 3G, dan setelahnya bisa akses internet dengan koneksi 4G. Sesuatu banget. Apalagi bisa dilakukan di rumah. Uuugh…sedapnya hidup ini, ya. 😀

Jadi nih, ya, pernah ada beberapa teman sengaja menyambangiku hanya untuk konfirmasi tentang permasalahan koneksi 4G di handphonenya. Percakapan dan jawaban-jawabanku melalui whats app ternyata ngga membuat mereka puas. Jadi lah mereka main ke rumah atau ke tempat kerjaku cuma buat mastiin settingan data selular di handphonenya sudah betul atau belum.

Duh…ya, sesungguhnya jika handphone kalian memang sudah terkini, dan beneran sudah support 4G untuk konektivitas data selular, maka yang perlu dievaluasi cukup dua.

Pertama, apakah signal 4G sudah masuk kampung kalian? Jika belum, bersabarlah. Tunggu sampai signal 4G datang, ya. Karena sekeren apapun handphone kalian, jika jaringan 4G belim sampai tempat tinggal kalian, maka jangan terlalu ngebet untuk forjian.  😀

Kedua, apakah kartu yang kalian pakai tergolong sudah udzur? Naaah ini, nomor telephone boleh lah nomor lama, tapi lempengan tembaga di balik kartu musti diupgrade, dong.

Sekarang model kartu perdana kan udah kecil gitu, ya. Jenisnya ada mini sim, micro sim, dan nano sim. Nah, handphone kece punya kalian termasuk support jenis kartu yang mana, tuh. Aku saranin sih langsung ke Gerai agar bisa diketahui. Ngga membutuhkan waktu lama, kok, asal ngga antre. 😀 Ya…siapa tahu kalian lupa masih menggunakan chip kartu perdana lama.

Tenang saja, yang diupgrade hanya lempengan tembaga yang warna kuning itu, kok. Data-data kontak bisa dibackup nantinya. Forji triji, kebutuhan masa kini. Hihihi. 😛

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *