Tips Potret Dengan Smartphone

IMG_20151019_050111_1

Disaat berbicara dengan Fotografi memang sangat benar dan tidak dapat dipungkiri lagi kamera smartphone tidak bisa menyaingi hebatnya kualitas Kamera dengan Lensa yang mahal . Eh .. bukan berarti potret dengan smartphone begitu buruk di mata saya , walau tidak dapat dipungkiri foto smartphone lebih banyak digunakan untuk selfie dan foto makanan . Tapi santai saja kali ini saya tidak akan pamer foto selfie saya , atau makanan yang biasa saya pemerkan setelah makan (sok-sokan ) , kali ini saya berharap pembaca tidak selalu asal-asalan pada saat foto-foto , pengen tahu silahkan lihat beberapa tips berikut :

Tips Potret dengan smartphone :

  • Angle : Apakah salah satu kehebatan smartphone dibanding dengan kamera DSLR kamu ? , betul karena bentuknya kecil, mungil , ringan . Kamu bisa memanfaatkan smartphone kamu lebih baik untuk di point angle , kamu bisa mengambil objekmu dalam posisi apapun , dan kamu bisa memaksimalkan lagi posisimu , walau posisimu berada di tempat yang sulit dijangkau dan sempit .
  • App :Aplikasi bawaan dari smartphone kamu sebetulnya sudah bagus , tapi tidak ada salahnya untuk mencoba-coba aplikasi lain yangmemiliki lebih banyak fitur seperti filter dll. beberapa aplikasi bisa anda coba untuk menambah kretifitas anda saat anda hunting objek .

IMG_20151005_170240

  • Filter : Sebelum anda melakukan potret pada satu objek , perhatikan kemampuan smartphone anda dari menu filter dan tool-tool lainya , jika sudah pahami , tentukan filter apa yang cocok dengan objek yang akan anda ambil nantinya . Nb : memang beberapa user instagram dan sejenisnya mengharamkan dalam menggunakan filter , tapi untuk saya sendiri “itu tergantung selera
  • Komposisi :Rule of Thirds, Frame , Kontras , Garis Konvergen, Kombinasi warna , Sudut pandang ,Leading Lines, Separasi, Simetris, Refleksi, Ratio, bisa anda pelajari sedikit demi sedikit untuk menambah ilmu anda memotret tidak usah malu dengan kamera handphone anda. Walaupun anda sudah mempelajari semua komposisi dalam tehnik Photografi, bukan berarti kewajiban anda untuk menerapkannya, sekali-kali anda bisa lepas dari aturan tersebut. “Komposisi itu penting. Namun dalam proses kreatif, aturan ada untuk di langgar [ McCurry ]”
  • Belajar dan belajar :Situs-situs online tentang fotografi dan beberapa teman fotografi bisa kamu jadikan sebagai guru kamu , kamu bisa sedikit demi sedikit belajar tentang komposisi, Exposure, ISO, Shutter Speed, dll. Walaupun kamu tidak memiliki Kamera mahal, setidaknya kamu sudah memiliki ilmunya. Jika suatu saat anda menggemari hal fotografi anda bisa menabung untuk bisa melangsungkan hobi anda . Selamat mencoba .

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *