Anak Cerdas, Aplikasi Android yang Aman Untuk Anak

LOGO ANDROIDSahabat Belajar IT. Anak Cerdas, Aplikasi Android yang Aman Untuk Anak telah launching. Nama aplikasinya yaitu Aplikasi Anak Cerdas (ACER). Berikut sedikit penjelasan tentang aplikasinya.

Aplikasi Anak Cerdas (ACER) adalah aplikasi atau perangkat lunak yang dikembangkan oleh Acer Indonesia, yang mana aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk bermain, belajar, bersosialisasi dan berkompetisi. Aplikasi ini juga menjadi solusi belajar yang aman dan Menyenangkan bagi anak-anak. Penjelasannya bisa dipahami, kan?. :mrgreen:

Awalnya, aplikasi yang berukuran 14,39 MB ini, saya download menggunakan smartphone milik Ara. Sepupu saya yang sekarang kelas Lima. Beberapa kali download, selalu gagal. Setelah diusut, ternyata untuk mendownload aplikasi ini harus menyiapkan gadget minimal ber OS Android 4.0, layar 4.7 inch dan RAM 512 MB. Sedangkan, punya Ara masih dibawahnya.  Akhirnya, saya mendownload menggunakan MySemsi.

Anak Cerdas, Aplikasi Android yang Aman Untuk Anak

Lalu, mengapa saya mengatakan Aplikasi Anak Cerdas aman untuk anak-anak?. Ada beberapa hal yang membuat saya berstatement seperti di atas. Yang menjadi landasan utamanya, karena isi konten dan fitur yang dihadirkan murni konten edukatif. Berikut gambaran fitur yang menjadikan aplikasi ini aman untuk dikonsumsi anak.

Desain dan Fitur Utama Aplikasi ACER

Desain dan tampilan aplikasi ini sederhana. Dan, disajikan secara landscape. Dimaksud, agar anak-anak mudah menggunakannya. Selain itu, desain pun dibuat semenarik mungkin oleh Acer Indonesia. Aplikasi yang didominasi warna hijau memberi kesan fresh dan tidak membosankan.

1 TAMPILAN AWAL APLIKASI ANAK CERDAS
Desain sederhana

Pada Menu Home, terdapat tiga main menu. Yaitu, Dunia Anak, Dunia Tekno dan Pengaturan. Pada dunia Anak, terdapat dua fitur andalan, yaitu Zona Bermain dan Zona Latihan. Terdapat juga fitur pendukung, Tantangan Berhadiah dan Panduan.

Anda perlu mencobanya satu-per satu, kerena masing-masing fitur memiliki magnet tersendiri. Dan, berikut pengalaman saya dan juga Ara setelah menikmati aplikasi anak cerdas.

Rekomendasi di Zona Bermain yang Cerdas

Pada Zona Bermain, direkomendasikan puluhan game, e-book dan kategori pendidikan, dimana kesemuanya membuat anak makin cerdas.

2 ZONA BERMAIN APLIKASI CERDAS
Download E-Book

Jika Anda memilih salah satu aplikasi di zona bermain, secara otomatis akan diarahkan ke Google Play. Ya, Anda harus unduh terlebih dahulu untuk bisa bermain. Saya pun mencoba unduh e-book kisah nabi. Lanjut pengalaman Ara menggunakan aplikasi ACER.

Pengalaman Ara Belajar Di Zona Latihan

Ara lebih penasaran mencoba Zona Latihan. Pada zona ini terdapat empat mata pelajaran. Dengan menggunakan Profil yang sudah dibuat, Ara mencoba latihan.

Aku mau Matematika dulu, pilih yang kelas lima”. “Susah perkaliannya. akar kuadrat, sifat komutatif itu apa, ya?. Beneran lupa”.

3 MATA PELAJARAN APLIKASI ANAK CERDAS
Pilih mata pelajaran

Yeee, siapa yang sekolah, coba?. :mrgreen: Karena ini latihan, Ara tidak membuka buku mapel. Dia terlihat semangat mengerjakan soal-soal per level. Lalu, tiba-tiba, ia beranjak ke kamar, mengambil kertas kosong untuk menghitung perkalian dan juga akar kuadarat. Saya tersenyum melihat semangatnya.

4 HASIL NILAI LATIHAN
Zona latihan

Dalam satu bab mapel, masing-masing terdapat empat level. Anak bisa melanjutkan ke level berikutnya, jika nilai latihan lebih dari atau sama dengan 16. Sampai saat ini, Ara lulus terus, meski belum bisa mencapai nilai 20. :mrgreen:

Jika sudah berhasil menyelesaikan empat level, anak bisa lanjut latihan dengan cara mengunduh bab berikutnya yang sudah disediakan oleh ACER.

Menu Pengaturan Pun Menjadi Magnet

Baru kali ini, saya menjumpai menu pengaturan yang informatif. Menu pengaturan biasanya hanya menyajikan privasi, kan?. Namun, ada yang menarik pada menu tersebut dan banyak keunggulan di dalamnya.

Untuk masuk pengaturan, pengguna harus memasukkan password terlebih dahulu. Password yang digunakan adalah password yang diciptakan ketika registrasi. Fitur unggul yang tidak dimilik oleh aplikasi lain pada menu pengaturan, yaitu:

  1. Laporan Penggunaan. Jika diaktifkan, aplikasi bisa melaporkan status penggunaan aplikasi yang yang terinstall pada gadget Anda. Penyajiaannya mengunakan pendekatan lama waktu atau durasi penggunaan.
  2. Akses dan Proteksi. Jika diaktifkan, anak tidak bisa mengunduh di zona bermain tanpa seizin orangtua. Ya, karena untuk mengunduh, anak harus mengisi password orangtua.
  3. Profil Pengguna. Tak sekedar mengatur profil anak dan orangtua. Namun, orangtua bisa melihat progress hasil latihannya. Keren, kan?.
6 LAPORAN PROGRESS
Contoh Laporan

Tak berhenti pada fitur pengaturan, masih ada fitur lain yang layak Anda coba. Tantangan Berhadiah, misalnya. Fitur yang mengajak anak untuk berkompetisi!.

Saatnya Berkompetisi menggunakan Aplikasi ACER!.

Saya mempunyai rencana mengajak tiga sepupu saya untuk berkompetisi menyelesaikan soal-soal latihan yang ada pada aplikasi Anak Cerdas. Secara pribadi lho, ya. Bukan menggunakan fitur Kompetisi Berhadiah milik ACER. Ini bertujuan supaya sepupu lebih semangat dalam belajar dan dapat menggunakan smartphone dengan cakap. Weekend depan insya Allah.

Plus-Minus Aplikasi

Saya telah menikmati aplikasi ACER, diantaranya:

  • Navigasi yang sederhana mempermudah user untuk menggunakannya.
  • Tampilan fresh, komunikatif dan  interaktif. Komunikatif dalam pesan dialog juga.
7 TAMPILAN INTERAKTIF
Komunikatif
  • Meski aplikasi untuk anak, namun kenyataanya pada fitur Dunia Tekno terdapat beberapa tips yang sangat berguna untuk seluruh pengguna Android. Tips Cara Merawat Gadget Layar Sentuh, misalnya.
  • Bank Soal kreatif. Butuh ketelitian dan membuat anak lebih giat mengerjakannya.
8 CONTOH SOAL APLIKASI ANAK CERDAS
Dua angka terakhir menjebak
  • Terdapat Kunci Jawaban yang hanya bisa diakses menggunakan profil orangtua.

Dan, yang belum bisa dinikmati:

  •  Aplikasi ini baru bisa berjalan di OS Android. Jadi, ada baiknya launch for iOS dan atau Black Berry ya, AcerID. :mrgreen:
  • Untuk mengakses Dunia Tekno membutuhkan koneksi internet. Semoga update-an pada versi berikutnya, Dunia Tekno bisa diakses tanpa menggunakan koneksi internet. :mrgreen:

Merasa senang melihat sepupu saya dengan kesan pertamanya yang begitu antusias belajar menggunakan aplikasi anak cerdas. Semoga, dengan hadirnya aplikasi ini menjadikan anak-anak makin cerdas dan cakap dalam menggunakan gadget.

5 ZONA LATIHAN
Mba Ara serius

Saya banyak berharap aplikasi ini banyak diunduh oleh anak-anak SD, untuk dimanfaatkan saat sedang sela di Sekolah. Dan, tentunya, untuk berkompetisi!. Oya, jika Anda ingin medapat informasi ter-update perihal aplikasi anak cerdas, Anda bisa mengunjungi web Anak Cerdas.

REVIEW APLIKASI ANAK CERDAS
Bintang EMPAT untuk aplikasi ACER

Bermain sekaligus belajar latihan mengerjakan soal dan bisa mengetahui hasilnya secara langsung, hanya ada di aplikasi Anak Cerdas, Aplikasi Android yang Aman Untuk Anak. Yuk, download aplikasi ACER yang kaya manfaat!

Postingan blog ini diikutsertakan dalam lomba blog Aplikasi Anak Cerdas kerja sama Kumpulan Emak Blogger dan Acer Indonesia

  • Referensi: Aplikasi Cerdas dan Acer Indonesia
  • Note: 948 kata
10 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *