Cara Download Aplikasi Android Melalui Komputer

Pengguna Android mungkin sudah tidak asing jika mendengar kata “Google Play / Play Store” . Google Play / Play Store adalah situs besar penyedia aplikasi android, namun kendala yang saya alami dan mungkin pembaca alami adalah saya tidak bisa mendownload langsung file aplikasi tersebut , istilahnya saya tidak bisa download dan simpan file tersebut agar suatu saat saya bisa install di android saya, disitus Google Play / Play Store hanya akan memberikan link aktif /atau semacam pemberitahuan ke android kita, tapi jika anda menggunakan email yang sama di akun google play dan android anda, jika tidak pemberitahuan akan cuman ngendok/hadir diinbox email tersebut.

Lalu bagimana cara download aplikasi android melalui komputer ? , tapi sebelum kita belajar bersama , kita harus kenalan dulu dengan yang namanya file .apk , karena nanti hasil download aplikasi android tersebut ber extensi .apk.

APK (Android Package) istilah sederhananya sebuah paket android pada android, APK kalau dari ilmu yang saya pelajari barusan (maklum masih nubie) , APK mirip dengan ZIP,Jika pada file Zip terdapat istilah Compress dan ekstrak, maka ada istilah yang sama juga di file Apk yaitu Compile dan Decompile, lalu jika di buka apakah isi dari paket APK tadi : menurut artikel yang saya baca tadi :v , strukture dari .apk tadi adalah :

  1. AndroidManifest.xml : Di file xml ini terdapat sebuah deskripsi dari berbagai perintah dan informasi file lainnya. Maksud lebih jelasnya ini sebagai sebuah pemerintahaan dalam sebuah Negara.
  1. Build.xml : Ini adalah sebuah script ant yang tugasnya mengcompile dan menginstalnya dalam device sobat.
  1. Bin/ : Disini terdapat hasil apk sobat
  1. Res/ : Disinilah letak berbagai sumber komponen, seperti GUI, User Interface, Layout, string gambar dan lain-lain, bisa dibilang ini salah satu yang terpenting juga dalam sebuah aplikasi.
  1. src/ : Inilah tempat Activity, direktori inilah yang menjadi sumber class Activity. Ibaratnya Class Activity itu menjadi sebuah aktivitas. Misalnya saat kita menekan sebuah tombol, maka jaringan data akan aktif.
  1. Assets/: Memuat file static yang dikemas dalam aplikasi untuk device

semoga mudah dipahami , lalu jika sudah kenalan dengan .apk mari kita masuk ke inti dari postingan saya yang sangat telat , maklum baru pegang android beberapa hari lalu, itupun GIFT :

google play

Cara Download Aplikasi Android Melalui Komputer :

  • jika anda sering download video youtube dengan downloader web , atau download youtube tapi dijadikan mp3 dengan downloader saya yakin pasti sangat bisa mengikuti tips berikut
  • masuk google play dulu : play.google.com/store
  • silahkan pilih dulu aplikasi yang anda inginkan *
  • copy url /link di addres bar
  • masuk : goo.gl/30EZ3k
  • disana banyak tersedia downloader tapi kali ini saya pakai yang paling atas : downloader-apk.com
  • masuk : downloader-apk.com
  • paste url masukkan di kolom (kolom ada dibawah “Package name or App name”) atau diatas tombol “Generate Download Link”
  • setelah paste url lanjut klik “Generate Download Link” (warna biru)
  • tunggu proses (tergantung kecepatan koneksi anda)
  • jika proses selesai akan keluar detai dari aplikasi yang akan anda download, baca detail dan turunkan kursor ke bawah
  • cari kotak dengan logo download dan nama aplikasi yang mau anda dwonload tadi , biasanya kotak berwarna hijau, klik download dan tunggu proses download berhasil
  • hasil download bisa anda simpan di komputer , bisa anda bagikan ke teman , dan bisa langsung anda pasang ke android anda

tambahan :

  1. tutorial sudah saya buktikan dan 100% work
  2. aplikasi yang saya download sebagian besar adalah aplikasi FREE / gratis
  3. jika situs tidak bisa dibuka atau tidak dapat melakukan download , kemungkinan besar koneksi internet anda terbatas atau dilindungi proxy, solusinya anda bisa pakai vpn , atau ganti IP negara lain
  4. jika masih kurang paham , silahkan tanyakan, admin siap membantu semaksimal mungkin 😀

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *