Cara Menggunakan Aplikasi Link2SD Di Ponsel Android

link2sdCara Menggunakan Aplikasi Link2SD Di Ponsel Android – seperti janji yang saya tuliskan di posting sebelumnya , kali  ini saya akan menjelaskan cara menggunakan aplikasi link2sd diponsel android, link2sd adalah file APK yang digunakan untuk android yang berguna untuk memindahkan sebagian file aplikasi, cache, library ke SDcard anda , secara tidak langsung aplikasi ini sangat berguna untuk ponsel low END , yang memiliki ram 512MB seperti saya ini , bayangkan aplikasi BBM, WA dan game Seven Knights saja (+bawaan aplikasi ponsel) , internal storage dan RAM sudah penuh sidah tidak lebih dari 10MB. Nah karena ini saya ada niatan untuk mencoba aplikasi ini , dan awalan saya melakukan kesalahan dan ujung-ujungnya ponsel saya harus di resete ke pengaturan pabrik lagi :v. Untuk itu karena saya tidak ingin salah satau pembaca posting ini mengalami hal yang sama , saya akan memberikan cara menggunakan aplikasi lin2sd ini dengan benar , tapi sebelum memulai postinya , lebih baik teman-teman membaca posting sebelumnya ,karena aplikasi ini membutuhkan partisi baru di SD card anda .

Tutorial :

  1. Siapkan Minimal MicroSD 4GB , dan jadikan dua partisi salah satu contoh : saya menggunakan MicroSD 8GB (class6) saya buat 2 partisi,pertisi pertama 5GB(primary untuk data dan file)  dan partisi kedua 3Gb(untuk link2sd) , tutorial partisi MicroSD ada di posting sebelummnya.  sebelum posting ini .
  2. Partisi pertama 5Gb (primary) partisi kedua 3GB (primary) , saya anggap sudah selesai untuk urusan partisi jika ada pertanyaan seputar partisi , silahkan baca dulu ostingan sebelumnya , atau langsung komentas disini!
  3. Setelah melakukan partisi Reboot dulu ponsel anda , lalu install aplikasi Link2SD, bisa anda dapatkan di Google Play Store , atau market lainnya.
  4. Jalankan Aplikasinya , lalu pilih Fat32 karena anda mempartisi SDcard anda dengan Fat32. Lalu Reboot
  5. Langkah selanjutnya adalah dengan memindahkan sebagian Aplikasi ke SD Card
  6. Jalankan Link2SD , lalu pilih aplikasi diluar sistem dan pilih aplikasi yang jarang dipakai seperti , Adobe Reader , dan Create Link. Cuma Begitu saja sebenarnya caranya tidak terlalu sulit bukan , anda juga bisa melakukan setting auto link untuk semua aplikasi (tidak direkomendasikan)

penting baca :

  • Tutotial ini tidak bisa anda jalankan bila ponsel anda belum dalam mode #ROOT
  • Sebelum melakukan partisi sebaiknya anda backup data , dan format microSD anda .
  • Fatal : kesalahan fatal seperti saya yaitu : aplikasi ini tidak sepenuhnya memindahkan semua file ke SDcard , tapi hanya mengurangi sebagian dari aplikasi tersebut. Ibarat kata aplikasi ini hanya mengurangi beban RAM dan internal storage saja. Saya mengalami kegagalan gagal booting setelah saya memindahkan satu aplikasi ke SDcard , dan itu saya rasakan setelah reboot ponsel -_-
  • Jika tidak dapat di link berarti itu aplikasi yang penting dan tidak bisa dipindah ke SDcard.
  • Jika sudah ada tanda kurung dan ada notifikasi “already linked” berarti aplikasi tersebut sudah di link.
  • Menjalankan aplikasi ini basicnya mudah , cuman anda harus benar-benar hati-hati memilih mana aplikasi yang harus anda pindah.

info :

  • Saat membuat partisi ada pilihan : ext2, ext3, ext4 , NTFS , FAT dll,  saya sengaja menggunakan FAT32 karena sebelumnya saya menggunakan format ext2 , hasilnya sebagian aplikasi tidak dapat saya pindah , dan hanya FAT32 yang memiliki banyak kemungkinan aplikasi dapat dipindah semua.
  • tanyakan bila ada yang kurang faham terima kasih 😀
Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *