Cara Mengubah File PDF Menjadi TEXT

emailSahabat Belajar IT. Cara Mengubah File PDF Menjadi TEXT Menggunakan Ms. Office OneNote menjadi sebuah alternatif, manakala Anda scan dokumen, lalu akan mengubahnya dalam bentuk text.

Microsoft Office OneNote adalah aplikasi office yang bisa digunakan untuk membuat catatan dengan berbagai macam template, menggambar sederhana, yang intinya biasanya digunakan untuk berkreasi.

Di tempat kerja, seringkali saya scan dokumen tersebut, lalu outputnya dalam bentuk text. Setelah berhasil scan, hasilnya kalau tidak dalam format .jpg, ya pastinya .pdf. Tergantung menyimpannya memilih ekstensi apa. Namun, pada praktiknya, tiap dokumen yang saya scan tidak saya simpan. Langsung saya jadikan text. Susahkah?. Enggak sama sekali.

Dalam hal ini, saya tidak menggunakan software seperti ABBYY atau yang lainnya. Cukup menggunakan Ms. Office OneNote. Lalu, bagaiamana Cara Mengubah File PDF Menjadi TEXT?

1. Anda buka aplikasi Microsoft OfficeMs. Office OneNote
2. Klik File pada menubar – Pilih New Section
3. Kli Insert pada menubar Pilih PicturesFrom Scanner
Mengapa saya memilih From Scanner, bukan From File?. Tak lain, karena dokumen yang saya maksud adalah hasil dari scan-an. Dalam hal ini, saya menggunakan scanner Canon MP230 series.
4. Muncul kotak dialog seperti di bawah ini, lalu pilih Custom Insert, lalu pilih Scan.

Cara Mengubah File PDF Menjadi TEXT
Custom Insert-Scan. . .

5. Setelah berhasil scan, lalu akan muncul hasil scan pada section. Lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini.

6. Anda bisa klik kanan pada badan text, lalu pilih Copy Text From Picture.

HASIL SCAN CANON MP230
Copy Text From Pictures

7. Siapkan lembar kerja baru pada Microsoft Office Word, lalu paste di lembar kerja Ms. Word. Lihat hasil paste dokumen. Silakan Anda bisa rapikan dan edit sesuai dengan naskah aselinya.

HASIL PDF TO TEXT
Hasil copy from OneNote di Ms. Word

Semoga postingan Cara Mengubah File PDF Menjadi TEXT Menggunakan Ms. Office OneNote bermanfaat. Teruslah belajar dan berbagi. Salam Senyuum. . .^+*

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *