Dua Aplikasi Blogger For Android

blogspotSahabat Belajar IT, Dua Aplikasi Blogger For Android ini rata-rata terinstall di smartphone para Blogger mania yang mempunyai Blog berpatform Blogspot.

Saya menyebutnya Aplikasi Blogger. Karena, jika Anda melakukan pencarian dengan kata kunci aplikasi blogspot for android pada Play Store, maka yang akan muncul adalah Aplikasi Blogger. Bukan Blogspot. 😉

Jadi, Blogger yang saya maksud pada judul adalah nama aplikasi khusus untuk media blog berplatform Blogspot. Bukan sebuah profesi, ya.

Saya termasuk pengguna Blogspot. Salah satu blog yang saya kelola menggunakan platform blogspot yaitu Galeri Idah. Numpang promosi dikit halal lah, ya. :mrgreen:

Sebenarnya ada banyak aplikasi ngeblog untuk Blogspot ini. Namun, yang sering saya jumpai di smartphone teman-teman Blogger hanya dua aplikasi saja. Mungkin, karena dua aplikasi ini dipandang sederhana, simpel dan memudahkan untuk update blog.

Dua aplikasi tersebut yaitu; Blogaway dan Blogger. Karena saya pernah menggunakan ke duanya, jadi saya bermaksud untuk sharing tentang dua aplikasi ini.

Dua Aplikasi Blogger For Android

Pertama, sekilas tampilan awal aplikasi blogger for android

Blogaway. Pada aplikasi ini, tersaji enam menu pada halaman awal. New Post dan Draft, saya kira Temans sudah paham, ya. Menu My Blogs digunakan untuk memilih Blog mana yang akan dilihat atau diupdate. Bagi yang mempunyai beberapa Blog, bisa dengan mudah untuk memilihnya melalui menu ini.

DUA APLIKASI BLOGGER FOR ANDROID
Tampilan depan Aplikasi. . .

Nilai plus dari aplikasi ini, Anda bisa membuat blog list atau daftar blog melalui menu Reading List. Ini memudahkan pengguna untuk menyimpan atau blogwalking ke blog lainnya. Menu lain yang mungkin penting bagi pengguna, yaitu menu Post Map. Menu ini baru bisa digunakan untuk mengetahui jangkauan atau lokasi dimana Anda berada. Awalnya, saya kira bisa dimasukkan ke dalam new post, tapi ternyata belum bisa.

Sedangkan untuk menu Bookmarks, karena saya belum paham untuk apa sebenarnya menu ini. Karena, tidak terdapat tombol bantuan apapun pada menu ini :mrgreen:

Blogger. Halaman awal pada aplikasi ini sangat simpel. Baik dari desain antar mukanya, maupun menu yang ada. Menu utama hanya ada tiga yang disajikan secara berjejer, yaitu All, Publisher dan Draft. Ketiga menu tersebut terkait dengan post blog. Tidak ada menu tambahan lain pada aplikasi Blogger.

Jika di Blogaway terdapat menu My Blogs, maka di Blogger Anda bisa memilih Blog yang akan diupdate dengan cara menyentuh setigiga pojok. Sedangakn ikon pensil, bisa digunakan untuk mulai menullis post blog.

Kedua, papan untuk menulis post blog

Banyak kesamaan dalam hal memulai posting. Mulai dari kolom judul dan label yang sudah disediakan pada kolom tersendiri. Perbedan hanya ada pada bagian post content atau ketika Anda menulis postingan.

POST CONTENT BLOGGER 2
Fitur masing-masing aplikasi. . .

Blogaway. Pada aplikasi ini cukup memanjakan pengguna. Selain adanya fitur untuk mengubah font style, terdapat juga fitur font colors yang menjadikan huruf berwarna warni. Terdapat juga fitur untuk memasukkan link, video dan juga gambar.

Sedangkan pada aplikasi Blogger, hanya terdapat fitur font style, penambahan link dan gambar. Kelebihan dari aplikasi ini yaitu terdapat fitur penambahan lokasi ketika Anda sedang posting.

POST CONTENT BLOGGER
Tampilan Konten. . .

Ada beberapa hal yang membuat saya terkadang kurang nyaman mengunakan aplikasi Blogger. Yaitu ketika:

  • Saya akan menambahkan gambar. Gambar yang akan ditambahkan tidak bisa diletakkan pada bagian post tertentu. Hanya bisa diletakkan dibagian bawah post blog.
  • Saya tidak bisa masuk dashboard. Aplikasi di atas hanya bisa digunakan untuk menulis dan edit post blog. Tidak bisa digunakan untuk edit page, melihat stats dan menyetujui komentar.
  • Saya ingin membuat justify tiap paragraf. Saya harus menambah kode html supaya pragraf terlihat rapih, justify. Tapi, ini tidak hanya terjadi di aplikasi blogger saja, sih. Aplikasi WordPress For Android juga seperti itu.
  • Akan menambah read more. Karena tidak ada fitur read more, jadi postingan memanjang. Tidak bisa di page break.

Tak ada gading yang tak retak, ya. Dan jika saya disuruh menciptakan aplikasi seperti di atas, sudah pasti saya belum bisa. :mrgren: :mrgreen: Ini hanya sekedar sharing dan sebenarnya tidak ada maksud untuk membandingkan. Tapi, pada kenyataanya saya malah membandingkan. :mrgreen:

Dari Dua Aplikasi Blogger For Android di atas, saya lebih nyaman menggunakan Blogger. Kalau teman-teman, menggunakan aplikasi Blogaway atau Blogger? Salam Senyuum. . .  ^_*

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *