Antara Read dan Delivered WhatsApp

LOGO ANDROIDSahabat Belajar IT, Hari Rabu (5/11), saya baru memperbaharui aplikasi WhatsApp Messenger pada Android saya. Sudah cukup lama, ya. Kena virus MaDet, nih. Malas Update. :mrgreen:

Menurut saya, aplikasi ini termasuk aplikasi obrolan yang tergolong mudah dalam memakainya. Selain itu, WhatsApp Messenger cukup banyak memberi fitur penting di dalamnya.

Jujur, saya menyukai aplikasi ini. Selain gratis *mental gratis* untuk sementara waktu, saya tidak perlu memohon kepada teman-teman untuk menambahkan saya di kontaknya. Tidak merepotkan orang lain selagi saya sudah menyimpan nomor telephone mereka di smartphone saya. Ya…hanya bermodal nomor telephone, saya, kamu, sudah bisa ngobrol melalui aplikasi ini.

Nah, setelah memperbaharui aplikasi WhatsApp Messenger menjadi versi 2.11, ada dua fitur tambahan yang sudah saya nikmati. Yaitu pemberian judul pada foto dan video dan fitur info pada obrolan.

UPDATE WHATSAPP
Caption & Last Seen!

Tampak jelas, kan, capture di atas? Pada sebelah kanan adalah fitur baru tambahkan judul pada foto dan video. Sebelum kamu mengirim foto atau video pada teman, kamu bisa memberi judul atau pengantar pada foto tersebut maksimal 160 karakter. Selain itu, kamu juga bisa cropping dan rotate foto jika dirasa perlu.

Sedangkan fitur ke dua yang sudah saya coba yaitu fitur info pada obrolan yang memberi keterangan bahwa obrolan sudah terkirim dan sudah dibaca. Bahwa indikasi centang dua pada aplikasi WhatsApp Messenger, sekarang ada dua jenis. Adalah centang dua berwarna dan tidak berwarna.

Coba kamu lihat pada capture sebelah kanan. Terdapat perbedaan antara centang dua pada obrolan, kan? Obrolan atas centang dua berwarna biru yang artinya, bahwa obrolan kamu sudah dibaca oleh si penerima pesan (READ). Sedangkan obrolan bawah tidak berwana, natural, yang berarti obrolan kamu sudah terkirim (DELIVERED), namun belum dibaca oleh si penerima.

Coba segarkan ingatan sejenak. Bagi kamu pengguna WhatsApp masih ingat, kan? Bahwa pada versi sebelumnya, informasi centang dua tanpa warna itu menandakan pesan sudah terbaca oleh si penerima. Sedangkan sekarang berbeda. Sebentuk pembaharuan yang cukup penting bagi pengguna, bukan?

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *