Yuk, Update Aplikasi SIMAN Sebelum Rekon!

Rekonsiliasi sebentar lagiii. Usai puasa dan lebaran, satuan kerja (selanjutnya akan kutulis satker) langsung capcus Rekon ke kantor KPKNL wilayah masing-masing.

Duuuh, Rekonsiliasi itu apa, sih? 😀 Menurut KBBI, Rekonsiliasi yaitu penetapan pos-pos yang diperlukan untuk mencocokkan saldo masing-masing dari dua akun atau lebih yang mempunyai hubungan satu dengan lain.

Dalam hal ini, satker tempat aku kerja mencocokan saldo atau neraca pada aplikasi SIMAK-BMN dan SAIBA.

Nah, kabar baiknya, rekon semester satu tahun 2016 kembali dilakukan secara online melalui aplikasi SIMAN. Rekonsiliasi online ini sudah dilakukan semenjak semester satu tahun lalu. Hanya saja, tiap akan rekon, ada update aplikasi. Seperti rekon untuk semester ini. Ada tiga aplikasi yang harus diupdate sebelum melakukan rekonsiliasi. Salah satunya yaitu aplikasi SIMAN.

SIMAN VERSI TERBARU

Aplikasi SIMAN Update dari versi 2 ke 3.0.8. Tidak banyak perbedaan menu setelah update. Namun, desain utama atau tampilan utama aplikasi lebih “hidup”.

Update aplikasi ini satu paket dengan update plugin. Ya, setelah aplikasi SIMAN berhasil update, langkah selanjutnya yaitu update plugin. Jika sudah update secara keseluruhan, baru lah bisa mulai memasukkan data-data yan dibuthkan untuk rekonsiliasi online.

Apa saja daa yang dibutuh untuk rekonsiliasi melalui SIMAN? Maybe, next post, ya. 😆

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *