Bermain Frets On Fire

Kalau anda pernah bermain Guitar Hero di Playstation 2 dan 3 , mungkin anda sudah tidak kaku lagi untuk memainkan game ini. Bermain Frets On Fire sama persis mode permainan Guitar Hero , game arcade versi PC , kalau diguitar hero ada background player dan grub bandnya , di Frets On Fire di buat simple hanya menampilkan gambar , Fret ,  papan guitar dan score saja. Permainan ini ditulis dalam bahasa pemograman Python.  Game ini Open Source jadi anda tidak usah takut masalah licensi , kamu juga bisa mengembangkan game ini dengan merubah thema / MOD , atau memperbarui chart lagu dengan lagu pilihanmu sendiri.

frets on fireAsal mula dapat game ini :

Saya mendapatkan game ini dari kumpul bareng sama teman – teman player game online, dapat sms disuruh meluncur ke telkom untuk paketan wifi.id dan sekalian tukar pikiran sama tukar-tukar file game dan movie , padahal saat itu laptop ini tidak ada filenya sama sekali cuman notepad-notepad yang isinya project saja. Singkat cerita saya ditawari game FOF / Frets On Fire tapi sudah di di edit sama anak Indonesia , mereka juga membuat grub “Frets On Fire GH III [Official Indo Player]” cari saja di Facebook , pasti keluar. dan grubnya open banget.

Download :


  • link download game, tutorial , MOD semua bisa kamu dapatkan di grub tersebut , anda juga bisa request lagu , tapi untuk sementara notice dari admin bulan puasa request lagu ditutup dulu.
  • link grub : https://www.facebook.com/groups/FoF.GH3

Instalasi :


  • game ini bersifat portable jadi tidak ada instalasi .
  • anda tinggal download file yang bertype winrar , dan tinggal ekstract di local disk kesukaan kamu
  • awalan instalasi kan itu pakai MOD Guitar Hero (kalo tidak salah) , kalau ingin MOD anime seperti SS saya diatas tinggal anda timpa saja di FOFGH3/data/GHIII Mod (di winrrar ada tutornya juga)

Detail dan tutorial singkat :


  • ada 5 tombol warna yaitu : hijau , merah, kuning, biru, orange, kamu hanya harus menekan tombol saja sesuai dengan tombol-tombol yang akan keluar nanti 😀
  • kesulitan : easy : biasanya hanya menggunaka  3 tombol saja (hijau, merah, kuning) , normal 4 tombol , hard 5 tombol dan expert masih lima tombol tapi tambah rumit
  • Key : untuk pengaturan keyboard anda bisa setting sesuai keinginan dan kenyamanan jari anda tapi ada juga rekomendasi dari admin yaitu :
    Antara lain yaitu :
    Pick = CTRL kanan
    Secondary Pick = CTRL kanan
    P1 Fret 1 (Hijau) = Z
    P1 Fret 2 (Merah) = X
    P1 Fret 3 (Kuning) = C
    P1 Fret 4 (biru) = V
    P1 Fret 5 (Orange) = SPASI
    Move up = atas
    Move down = bawah
    Move left = kiri
    Move Right = kanan
    Starpower = SHIFT kanan
    Killswitch = ENTER/Return
  • untuk yang main tanpa pick (sebut saja genjreng/petik) bisa mengaktifkan fitur PickNoMore ada di game 😀

Pengalaman Admin :

  1. masih tergolong pemula,tidak bisa bermain lebih di hard mode (maklum keyboard sempit2)
  2. Key saya menggunakan : ASDFSpace + CTRL (pick)
  3. trik saat ada tombol hijau keluar terus anda bisa dengan cara tahan tombol hijau dan anda tinggal pencet pick berulang (ngerti nggak! saya juga bingung jelasinnya)
  4. untuk game originalnya dan forum anda bisa masuk disini :

Tambahan :

  • Bermain game bisa meningkatkan ingatan dan lebih fokus
  • Tapi ingat jangan terlalu keseringan usahakan kadang-kadang saja kalau waktu senggang
  • Selamat mencoba 😀 , eh lupa kalau mau bergabung di Grub tinggal gabung saja , adminya baik-baik sama selalu update lagu terus jadi tidak usah kawatir kalau sudah bosen dengan koleksi lagu kamu sendiri .
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *