Cara Merawat Flashdisk Agar Awet

fdFlashdisk merupakan alat penyimpan data yang banyak digunakan karena barangnya tergolong kecil bisa dibawa kemana-mana dan juga mempunyai bentuk unik di beberapa merek dan juga mumpuni untuk kapasitas besar untuk produk-produk terbaru ini bisa mencapai lebih dari 32Gb.

Mungkin untuk penyuka kapasitas besar lebih dari 100Gb pasti lebih memilih Hard disk eksternal ketimbang flashdisk, tapi untuk penyimpanan data seputar office , excel, power point dan laporan data lainya saya yakin flashdisk pasti jadi pilihan utama , karena jika suatu saat kita ingin Scan file , print out , cetak foto , kalau dipikir-pikir lbih flexsibel menggunakan flashdisk, lebih cepat loadingnya daripa HD eksternal, lebih cepat pula saat pemindahan data daripada microSD/MMC yang masih butuh card reader untuk pemindahan data.

Lalu bagaimana cara merawat flashdisk agar awet?, walapun saya pikir harga flashdisk (FD) tergolong murah meriah (tidak sampai 100K) , tapi tidak ada salahnya jika kita merawatnya agar FD kesayangan tidak mudah rusak , lalu apasaja tips supaya FD anda lebih awet ! mari kita baca sama-sama !

 

Eject Flashdisk setelah anda selesai menggunakannya.

Hindari yang namanya copot paksa flashdisk, jika tidak benar-benar terpaksa hindari itu , untuk mengurangi kendala crash data saat anda melakukan copy paste, mungkin ada pro kontra tentang eject dan copot langsung tentang FD , tapi saya yakin alangkah baiknya jika kita eject dulu setelah kita selesai menggunakan FD , baru kita copot FD tersebut , jika FD bandel tidak bisa di eject ! perhatikan baik-baik apakah masih ada file/program yang berjalan melalui FD anda, mungkin anda putar lagu / mlihat gambar dan anda belum menutup aplikasi tersebut.

Scan Virus.

Setelah anda copy data dari warnet atau setelah print data/cetak foto di percetakan , biasakan anda scan dulu FD anda dengan antivirus yang terupdate setelah sesampainya dirumah , untuk menghindari penyebaran virus di komputer/laptop anda.

Tutup Socket Flashdisk .

Mungkin tutup FD sangat terlihat sepele dan anda sering menghindari penutupan FD yang masih menggunakan tutp manual (bukan type geser) dan kebanyakan tutup yang terpisah sering hilang karena lupa , tapi untuk menghindari kemungkinan seperti jatuh ke air dan terinjak pas di kepala FD , saya sarankan usahakan beri tutup FD anda , ibarat kata ada helmnya 😀

Jauhkan dari magnet.

Tidak cuman FD saja benda elektronik lainnya juga rawan dengan yang namanya magnet , jadi jauhkan dari barang elektronik yang mengandung magnet , seperti televisi , radio , speaker besar/pengeras suara,.

Perawatan laiinya.

taruh di dalam tast anti air/laci/gantungkan dengan tali. Terkena air, terinjak, terjatuh , benturan keras, berada ditempat yang panas ,merupakan masalah bagi flashdisk (FD) , jadi jangan sampai flashdisk anda mengalami masalah tersebut.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *