Apa Itu Speaker Aktif dan Bagaimana Sistemnya?

Speaker aktif merupakan sebuah perangkat elektronik yang merupakan paduan dua perangkat yakni speaker pasif serta amplifier sehingga pemakaiannya menjadi praktis dan dimensinya pun menjadi lebih ringkas.

Sedangkan untuk speaker, speaker ialah perangkat elektronik yang berasal dari logam dan dilengkapi dengan kertas membran. Fungsi dari speaker ini ialah mengubah getaran listrik menjadi suara dan untuk amplifier memiliki fungsi sebagai penambah besaran voltasearus di dalam sebuah sistem elektronik sehingga sinyal suaranya bisa diolah menjadi sinyal yang mempunyai tenaga yang kuat dan besar.

Dengan mempunyai speaker aktif, kamu akan memperoleh keuntungan entah dari sisi harga atau pun dari sisi pengaturannya.

Bila dibandingkan, jika membeli amplifier secara terpisah, selain harganya yang mahal, kamu juga harus dapat memilih perangkat yang spesifik seperti amplifier yang mempunyai power output 100 watt. Maka, kamu harus dapat mencari speaker yang sesuai.

Sedangkan untuk speaker ini oleh produsennya telah di ukur kekuatannya sehingga antara amplifier dan speaker akan balance. Wajar saja bila sekarang speaker ini lebih diminati oleh konsumen dibandingkan dengan melakukan pembelian speaker secara terpisah.

Di pasaran ada begitu banyak speaker yang dapat dijumpai dengan berbagai macam merk seperti Sharp, Simbada, Polytron dan yang lainnya. Setiap produsen sudah pasti memberikan penawaran fitur dan keunggulan masing-masing. Namun kadang konsumen kurang memperhatikan sistem speaker, biasanya yang mereka lihat hanyalah bentuk bodynya yang besar serta suara yang dihasilkannya yang besar, padahal kualitas dari speaker ini bergantung dari sistem speaker.

Biasanya speaker memiliki sistem 2 way serta 3 way. Lantas, speaker mana yang dapat digunakan?

Pertama, sistem speaker 2 way.

Sistem speaker ini mempergunakan 2 driver yakni midbass serta tweeter yang di mana masing-masing dari driver dapat menghasilkan suara yang memiliki frekuensi berbeda. Contohnya untuk midbass, ia dapa tmenghasilkan suara yang memiliki frekuensi dibawah 3 KHZ. Sedangkan untuk tweeter, akan menghasilkan suara dengan frekuensi tinggi yakni diantara 3 hingga 20 KHZ. Kelebihan sistem speaker ini ialah amplifier tidak perlu lagi bekerja keras. Sedangkan kekurangannya ialah suara vokal dengan frekuensi yang tinggi akan terdengar kurang tebal.

Kedua, sistem speaker 3 way.

Sistem speaker ini dapat dikatakan cukup lengkap karena ia menggunakan 3 driver secara sekaligus yakni midbass, midrange serta tweeter. Letak perbandingannya dengan 3 way ialah ia dapat menghasilkan suara antara 300 hz hingga 5000 hz.

speaker 3 way

Dengan driver ini, karakter vokal akan terdengar sangat jelas dan bisa digunakan untuk mendengarkan musik klasik, menonton film hingga karaoke. Kekurangan dari speaker ini ialah, rangkaiannya yang jauh lebih rumit sehingga ia akan memiliki harga yang jauh lebih mahal.

Ketika kamu akan memilih speaker aktif, lebih baik memperhatikan adanya berbagai fitur, antara lain sebagai berikut:

  • Remote control. Apakah Anda pernah kerepotan memainkan musik dengan menggunakan speaker. agar tidak menjadi repot, usahakan memilih speaker yang memiliki remote control,
  • USB Player input. Adanya teknologi ini nantinya Anda tidak perlu menggunakan CD namun cukup menggunakan media penyimpanansepertiflashdish,
  • Bluetooth. Dengan teknologi seperti bluetooth ini, Anda dapat dengan mudah untuk memainkan musik baik dari gadget atau pun dari handphone atau laptop. Sayangnya, hanya ada beberapa speaker yang memiliki teknologi ini, sehingga Anda harus memilihnya dengan jeli. Selain itu harganya juga tidak murah.

Dengan pertimbangan di atas, setidaknya kamu akan mendapat kepuasan dalam membeli speaker aktif. Benar-benar pertimbangkan terlebih dahulu sebelum membelinya, ya. 😉

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *