Harga dan Spesifikasi Laptop Sesuai Kebutuhan

Kebutuhan akan laptop baik untuk belajar maupun bekerja kini sudah tidak dapat dihindari. Berbagai kegunaan laptop yang dapat membantu kinerja manusia membuatnya menjadi barang teknologi yang bisa dibilang wajib dimiliki terutama bagi mereka yang berkarir.

Laptop dapat digunakan untuk kegiatan menulis, membaca, melihat video, menggambar, mendesain, melihat dan menganalisa data, sampai melakukan rapat terpisah dengan bantuan internet. Kita dapat memilih laptop sesuai kebutuhan kita nantinya.

Rencana kegunaan dapat menentukan spesifikasi minimal yang harus dipenuhi laptop. Spesifikasi itulah yang nantinya berpengaruh terhadap harga laptop. Misalnya, jika kita memerlukan laptop hanya untuk menulis atau mengerjakan tugas-tugas kuliah yang biasanya meliputi pembuatan artikel, makalah, paper, presentasi, sampai untuk memutar musik dan film, kita dapat membeli laptop dengan spesifikasi minimal dengan tetap memperhatikan kualitas maupun merk. Dalam hal ini kita bisa memilih laptop dengan prosesor core 2 duo atau dual core dengan RAM minimal 1 GB.

Jika kita ingin membeli laptop untuk pengolahan grafis dengan pemakaian perangkat lunak yang lumayan berat, sebaiknya kita memilih laptop dengan prosesor di atasnya seperti core i3 atau core i4 dengan RAM minimal 2G. Sedangkan untuk bermain game dengan kebutuhan grafis dan koneksi internet cepat maka minimal spesifikasi yang dibutuhkan adalah prosesor core i5, RAM minimal 4 GB, VGA card beresolusi 1080 p.

LAPTOP NOTEBOOK
Berikut ini adalah beberapa harga laptop yang sering kita temukan di pasaran beserta spesifikasi pada umumnya:

Laptop berharga 3-5 jutaan
Dengan kisaran harga ini, kita bisa mendapatkan sebuah laptop dengan spesifikasi prosesor core i3. Untuk RAM akan mendapat minimal 2GB dan memori internal 250GB-350GB. Laptop biasanya dibingkai dengan chassis terbuat dari plastik dengan layar resolusi biasa. Dengan laptop spesifikasi seperti ini dapat digunakan untuk tugas kuliah, Blogging, atau menyelesaikan pekerjaan kantor sehari-hari.

Laptop berharga 5-8 jutaan
Untuk harga di atas 5 juta sampai 8 juta, kita bisa mendapatkan laptop dengan spesifikasi prosesor core i4 atau core i5, RAM dengan kekuatan 3G – 4G bisa kita dapatkan di dalamnya. Harddisk sebagai memori internalnya berkisar antara 350GB – 500GB. Audio yang cukup bagus dan layar minimal berresolusi 1600 x 900. Dengan laptop ini kita dapat melakukan kerja seperti mendesain rumah 3D, streaming video, editing video, dan membuat game edukasi.

Laptop berharga di atas 8 jutaan
Untuk laptop seharga 8 jutaan, kita akan mendapatkan laptop kualitas premium baik dari segi chassis, spesifikasi, maupun bentuk tampilan. Bentuk laptop yang tipis namun kecepatan tinggi dengan prosesor milik intel dengan minimal core i6 nya. RAM minimal 4G menghasilkan kecepatan untuk gaming yang dapat diandalkan. Harddisk minimal 750G – 1T bahkan sampai 2 T. Resolusi layar pun sangat rapat kira-kira 1366 x 768p dengan LED dan touch screen panel.

Itulah kisaran perkiraan harga laptop beserta spesifikasi yang bisa didapat. Perlu diingat, bahwa sebagian laptop belum memiliki OS (operating system) sebagai perangkat lunak bawaan nya sehingga kita masih harus membeli OS dan mengisi laptop dengan berbagai perangkat lunak pendukung sebelum kita dapat menggunakan laptop sebagaimana mestinya. Selain biaya untuk membeli perangkat lunak, kita juga mungkin masih memerlukan beberapa aksesoris pendukung kerja laptop seperti cooling fan, mouse dan tas laptop agar laptop aman saat dibawa bepergian.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *