Pertimbangan Memilih Kamera Pada Smartphone

Hari libur disempetin banget datang ke toko smartphone terlengkap di kota. Sesuai niat, sesampainya di toko, langsung menuju etalase ponsel pintar. Melihat, mencari smartphone dengan merek tertentu. Smartphone dengan harga terjangkau, tapi kalau bisa spesifikasinya mumpuni. Itulah yang banyak dicari oleh para pembeli.

Kamu termasuk? Ngaku aja deh, ya. 😀

Salah satu spesifikasi yang menjadi bahan pertimbangan saat membeli smartphone adalah kamera. Punya hobi memotret atau tidak, spesifikasi kamera kerap menjadi pertimbangan. Apalagi bagi Blogger di mana hasil karyanya akan makin greget kalau disisipi dengan  foto-foto pada blog post-nya. Ya, kan? 😉

Kamera pada smartphone memang telah menjadi alat foto yang sangat praktis. Aku telah merasakan manfaatnya. Jika sedang malas membawa Sonyaku, Mirrorless kesayangan, aku mengandalkan kamera smartphone. Terlebih untuk mengambil moment harian. Lebih simpel menggunakan kamera smartphone.

Ya, kamera pada smartphone sering digunakan pemiliknya untuk mengabadikan setiap aktivitas keseharian mereka. Selain praktis, kualitas gambar yang dihasilkan kamera smartphone juga tidak kalah jernih dibandingkan DSLR ataupun sejenisnya.

Sayangnya tidak semua smartphone memiliki alat potret dengan kualitas tinggi. Entah tergantung pada apa, yang jelas makin mahal, makin bagus kameranya! 😀

Nah, sebelum membeli smartphone yang punya kamera canggih dengan fitur beauty face, coba pertimbangkan hal-hal berikut:

  •  Resolusi dan Megapixel

Resolusi layar ternyata menentukan kualitas alat potret yang ada pada smartphone. Semakin tinggi resolusi handphone, makin banyak pula pixel yang terbentuk pada handphone. Gambar yang dihasilkan pun semakin jernih dan tajam.

Selain resolusi, megapixel juga mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan nantinya.

Megapiksel adalah satuan untuk mengukur kualitas gambar yang dihasilkan dari smartphone camera. Semakin tinggi megapixel-nya, semakin tinggi pula kualitas gambar yang dihasilkan.

Pilihlah smartphone camera yang memiliki ukuran minimal 5 MP untuk kamera belakang. Hasil dari 5 megapixel lumayan bagus. Apalagi untuk merek-merek smartphone tertentu yang mengedepankan kamera.

  •  Flash

Flash adalah lampu yang ada pada kamera handphone. Entah kamera depan atau belakang. Flash memiliki fungsi untuk memberikan pencahayaan maksimal pada saat pengambilan gambar. Untuk waktu-waktu tertentu, flash ini sangat dibutuhkan.

Pengambilan foto menggunakan flash akan membuat hasil gambar lebih cerah daripada aslinya. Flash sering digunakan untuk pengambilan foto ditempat yang kurang terang atau saat malam hari.

Bila belum mahir menggunakan flash untuk berfoto, aturlah flash menjadi otomatis. Sehingga flash bisa menyala secara otomatis menyesuaikan tingkat pencahayaan disekitarnya.

Disarankan tidak menggunakan flash saat cahaya terang, karena gambar yang dihasilkan akan terlalu terang dan kadang hasilnya justru tidak maksimal. Gunakan flash sesuai waktu potret.

  • Auto Focus

Selain flash, smartphone camera yang baik adalah dilengkapi dengan fitur auto focus. Auto focus difungsikan untuk memfokuskan foto pada objek tertentu yang akan diambil.

Foto yang dihasilkan menggunakan auto focus juga jauh lebih baik dan terkesan seperti menggunakan alat potret profesional. Saat ini, banyak smartphone yang dilengkapi auto focus dan juga face detection.

Face detection memiliki fungsi yang hampir sama dengan auto focus. Akan tetapi face detection hanya mendeteksi dan memfokuskan pengambilan gambar pada wajah saja supaya hasil lebih maksimal.

  • High Definition

Beberapa orang tidak hanya menyukai berfoto saja, tetapi juga suka merekam video.

Jika kamu suka merekam video, pilihlah kamera handphone yang memiliki kualitas tinggi atau high definition. Video dikatakan high definition apabila memiliki ukuran 720 pixel hingga 1080 pixel. Selain hal tersebut, perhatikan juga frame per second yang ada pada pengaturan video recorder.

Atur frame per second pada tingkat yang paling tinggi. Karena frame per second tinggi akan membuat video yang dibuat berkualitas baik.

Apakah cukup dengan empat pertimbangan saja sebelum mebeli kamera smartphone? Kagak lah, ya. Pasti masih banyak lagi pertimbangan lainnya.

Yuks, berbagi tip atau pertimbangan lainnya sebelum membeli kamera smartphone!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *