Mengenal SSD

Cara mengetahui apa type hard disk anda saat ini SSD atau HDD yuk mari cek lebih dalam ! Solid State Drives atau dikenal dengan SSD ialah media penyimpanan berbasis flash memori, karena tidak memiliki bagian yang bergerak seperti HDD (Hard disk) , maka media ini disebut Solid State , untuk pembaca yang belum tahu bagimana SSD ini bekerja , semoga nanti beberapa tanya jawab dan review dari saya sendiri dapat membantu anda mengenal SSD lebih jauh. berikut ini semoga membantu.

SSD vs HDD

Apa perbedaan HDD dengan SSD ?

perhatikan gambar diatas , Hard disk (disingkat HDD) biasa memiliki piringan yang berputar dan memiliki head untuk membaca data yang tersimpan dalam piringan tersebut. SSD sama sekali tidak memiliki bagian yang bergerak, isi dari SSD hanyalah beberapa keping memori flash (NAND) dan sebuah controler.

SSD juga memiliki daya listrik  yang lebih rendah dari HDD, contoh perbandingannya jika HDD memakan daya sekitar 2,1 watt , maka SSD hanya butuh 1 watt saja, untuk pengguna komputer desktop mungkin itu hanya perbadingan yang sedikit dan tidak terasa , tapi jika untukpengguna notebook mereka pasti sangat merasakan perbedaan walay hanya sekicil itu untuk pertimbangan awetnya baterai.

Seberapa cepatkah SSD ?

Kamu akan merasakan efek meningkatnya kecepatan saat boot dan shutdown saat kamu memulai berganti HDD ke SSD, waktu untuk menjalankan software juga akan lebih cepat, SSD lebih unggul dari HDD.  karena SSD memiliki kecepatan akses random yang lebih cepat dari HDD. dan lebih enaknya SSD tidak perlu di defrag sesering HDD.

Apakah SSD akan menggantikan HDD ?

walapun sepertinya SSD akan menggantikan HDD untuk media penyimpanan , namun pada kenyataannya SSD dan HDD kemungkinan akan berjalan bersama, memang benar SSD lebih unggul dari HDD.

Tapi, sampai saat ini HDD masih menjadi pilihan utama media penyimpanan untuk kapasitas besar yang belum mampu dicapai SSD, dan untuk harga SSD tergolong jauh lebih mahal ketimbang HDD, Untuk harga SSD dihitung per megabyte.

 

Tambahan :

  • MLC dan SLC adalah teknologi memory flash yang digunakan SSD
  • MLC : Multi-level Cell Technology, memungkinankan tersimpannya dua informasi dalam satu sel SSD, MLC memiliki kelemahan pada kecepatan baca/ tulis, dikarenakan harganya lebih murah. SSD kelas atas menggunakan teknologi SLC
  • SLC : single-level Cell Technology, memungkinkan tersimpannya satu inormasi dalam satu cell SSD
  • untuk komputer desktop sepertinya akan masih menggunakan HDD karena kapasitas besar dan tidak terlalu memikirkan perbandingan besar daya , karena komputer tidak menggunakan baterai
  • Tapi melihat perkembangan jaman, SSD akan lebih banyak dipasangkan di notebook karena bisa memangkas daya baterai dan mempercepat kinerja saat boot , shutdown dan kecepatan baca & tulis
  • semoga tambah tahun harganya semakin murah 😀

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *