Menikmati Koneksi @wifi.id Menggunakan Speedy Instan Card

SMARTPHONESahabat Belajar IT, Menikmati Koneksi @wifi.id Menggunakan Speedy Instan Card adalah salah satu kebiasaan saya ketika sedang dalam perjalanan, nongkrong dan atau masa menunggu. Hal ini saya lakukan supaya dunia terasa makin berwarna. Jauh dari rasa bosan, apalagi merasa terpenjara. :mrgreen:

Sebagai Blogger, koneksi internet merupakan salah satu kebutuhan pokok untuk menunjang eksistensinya di dunia online. Sebagian besar Blogger, insya Allah memanfaatkan koneksi untuk hal yang positif dan bermanfaat.

Sebagai Blogger, koneksi internet merupakan salah satu kebutuhan pokok yang mana harus dicari. Seperti halnya rezeki, wajib dicari, kemudian dinikmati. Biasanya Blogger pantang menyerah untuk mendapat sebuah koneksi interner. Karena, menyerah hanya ada pada jiwa yang lemah. Dan, itu tidak ada pada jiwa seorang Blogger.

Bloggers, dimanapun mereka berada, sinyal wi-fi lah yang akan mereka cari. Ketika sedang dalam perjalanan, ia akan memanfaatkan waktunya dengan baik dan tertib. Dalam hal koneksi, ia akan berusaha mencari yang geratisan (baca: free hotspot) terlebih dahulu, meski sebenarnya ia mempunyai paket data internet full service. Iya apa iya, Bloggers? Hahahaha

Saya belum pernah mengadakan survey terhadap Bloggers, tapi jika ditanya โ€œApakah koneksi internet sangat penting bagi seorang Blogger? Apakah koneksi lambat membuat karya menjadi terhambat? Apakah koneksi free hotspot menjadi dambaan bagi bloggers?โ€ Sebagaian besar dari mereka akan menjawab iya iya iya dan iya.

TERMINAL PURWOKERTO
Makin asyik nongkrong di terminal. . .

Lalu, adakah koneksi internet yang benar-benar free, tapi speednya ngebut? Tidak lelet dan membuat orang betah nongkrong sambil menyentuh smartphone, atau ketak-ketik keyboard. Jawabannya adalah pasti ada! Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk menikmati koneksi internet yang mempunyai high speed yaitu dengan cara mencari jaringan @wifi.id.

Anda perlu tahu tentang jaringan @wifi.id

@wifi.id atau Indonesia WiFi adalah layanan public internet berbasis teknologi WiFi atau Hotspot yang disediakan oleh TELKOM Group atau operator yang bekerjasama dengan PT. TELKOM.

Dengan dukungan infrastruktur jaringan PT. TELKOM, jaringan @wifi.id telah tersebar luas diseluruh wilayah Indonesia. Koneksi tanpa putus diberikan oleh wifi.id untuk memberikan kenyamanan kepada para pengguna.

Saat ini ada 5 pilihan SSID yang masuk dalam layanan @wifi.id yaitu: @wifi.id, free@wifi.id, Flexi Zone, Flash Zone, Flashzone-seamless. Masing-masing SSID memiliki keunggulan tersendiri. Saya pribadi biasanya menggunakan SSID @wifi.id atau free@wifi.id. Tapi, saya seringnya menikmati jaringan @wifi.id dengan menggunakan voucer Speedy Instan Card.

Apa, sih, voucer Speedy Instan Card itu?

Speedy Instan Card (SIC) adalah kartu perdana berisi username dan password, yang bisa digunakan untuk login akses internet broadband di Speedy Instan, Speedy Hotspot, maupun @wifi.id.

Ada dua macam speedy instant, yaitu Speedy Instan Card dan Speedy Instant Elektrik. Namun, karena saya pengguna Speedy Instan Card, jadi saya sharenya yang ini saja, ya.

Nah, karena SIC berbentuk voucher, tentunya terdapat nominal atau isi yang tertera dalam voucher. Speedy Instan Card ini bernilai Rp 5.000 yang mempunyai batas pemakaian satu hari setelah melakukan aktivasi.

Lalu, Bagaimana cara aktivasi dan menggunakan Speedy Instant Card?

Sekedar informasi, bagi yang belum mempunyai Speedy Instant Card, Anda bisa membelinya di Plasa Telkom atau Outlet yang bekerja sama dengan Telkom. Dan, untuk melakukan aktivasi, Anda terlebih dahulu mencari koneksi jaringan @wifi.id. Kemudian;

  • Anda bisa memulainya dengan menggosok pelan pada kolom perak yang terdapat di halaman belakang kartu speedy. Kolom tersebut berisi password Speedy Instan Card. Sedangkan Username bisa Anda dapat pada kolom warna putih yang ada disebelah password.
  • Lakukan aktivasi layanan dengan cara memasukkan Username dan Password yang tertera pada Speedy Instan Card. Sertakan juga email dan nomor telepon Anda pada form yang tersedia di Welcome Page Speedy Instan.
  • Nah, setelah melakukan aktivasi, Anda bisa menggunakan Speedy Instant pada jaringan @wifi.id.
@WIFI.ID
Welcome Page Indoneisa WiFi

Ingat, penggunaan voucher hanya berlaku satu hari atau 24 jam. Dan, sebelum membeli, ada baiknya cek terlebih dahulu masa berlaku kartu speedy yang ada di halaman belakang kartu SIC. Anda harus benar-bernar bisa memanfaatkannya, ya. Jangan sampai mubadzir atau expired.

Menikmati Koneksi @wifi.id Menggunakan Speedy Instan Card

Merasa tenang itu, kalau kemana-mana membawa voucher Speedy Instan Card. Ya, meski awalnya nyari yang gratisan dulu, tapi saya merasa tenang jika sudang menggenggam Speedy Instan Card. Seringkali saya menikmati jaringan @wifi.id menggunakan speedy instan card ketika sedang di tempat umum. Terminal bus, misalnya. Jika sedang tidak buru-buru, saya lebih memilih naik Bus dari Terminal. Enggak menunggu di pinggir jalan atau pintu keluar Bus. Mengapa? Alasannya, karena menunggu di dalam Bus itu lebih asyik. Apalagi, sekarang hampir seluruh titik terminal Bus di Indonesia sudah tersedia akses jaringan @wifi.id. Contonya, Terminal Bus Purwokerto, yang berlokasi di Jl. Swatiyo 1216-A (4PWR000199).

Jika cuaca sedang panas, biasanya saya menunggunya di luar Bus, tepat di samping atau di belakang Bus. Beginilah Blogger, sekaligus aktivis dunia online. Ketika sudah menemukan sebuah kenyamanan, dalam hal ini adalah koneksi internet, maka mereka terkadang suka kalap, sampai lupa waktu. Malah terkadang, sampai gak tahu kalau Bus yang ditunggu sudah berangkat. Hahahaha

SPEEDY INSTAN WIFI 2
Koneksi @wifi.id


Yang menjadi pertanyaan sekarang, apakah pengguna bisa menggunakan fasilitas @wifi.id secara gratis? Tanpa menggunakan voucher?

Bisa! Sangat bisa pengguna menggunakan jaringan @wifi.id secara gratis. Biasanya @wifi.id bisa dinikmati secara gratis di tempat kongkow, menggunakan SSID @wifi.id atau FlashZone untuk pengguna Telkomsel. Caranya sebagai berikut:

  • Call ke *303*601# untuk memperoleh layanan free WiFi selama 1 jam
  • Pelanggan akan memperoleh balasan SMS berupa informasi password untuk login.
  • Pelanggan akses dengan menggunakan USERNAME : [nomor Telkomsel], PASSWORD : [balasan SMS]

Tapi, saya lebih nyaman menggunakan voucher Speedy Instan Card, karena saya bisa dengan leluasa berselancar tanpa berebut bandwidth dengan pengguna @wifi.id lainnya. Dan, ini menjadi salah satu keunggulan voucher Speedy Instan Card. Dengan Rp 5.000 per hari saya bisa menikmati Kecepatan Downstream 512 kbps, Upstream 128 kbps dan Fair Use 300 MB per hari.

Lalu, Apakah jaringan @wifi.id bisa dipasang di rumah?

Tidak bisa. Karena, koneksi @wifi.id hanya disedikan di tempat umum. Dimana tempat tersebut banyak dilalui orang, seperti Sekolah, Kampus, Tempat Nongkrong, Kantor dll. Jika ingin menikmati WiFi di rumah, Anda bisa menggunakan paket Speedy IndiHome.

WIFI
Speedy Instant Card. . .

Pengalaman Menikmati Koneksi @wifi.id Menggunakan Speedy Instan Card sejauh ini fine-fine saja. Belum menjumpai kendala yang berarti ketika sedang blogging, browsing atau chating menggunakan Speedy Instan Card. Dan, semenjak ada konenksi @wifi.d di Terminal maupun di tempat kongkow, saya tidak pernah merasa sendirian atau bosan. Yuk, cobain Speedy Instan Card. Dan, jangan lupa share pengalamanmu!

Referensi:

  • http://indonesiawifi.com/
18 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *