Pembisnis Perlu Memaksimalkan Android

Apa kabar sahabat Belajar IT. Pembisnis Perlu Memaksimalkan Android – Ini bukan karena tiba-tiba saya ingin posting tentang Android, ya. Tapi, ada sebuah niat baik yang akan saya share di sini terkati sistem operasi Android.

Tahun 2007, awal mula zaman transisi dari pengguna feature phone ke Android. Kamu tahu dong, feature phone itu apa? Please, jangan bilang hape zaman dulu, ya. Meski kenyataannya seperti itu, tapi saya pernah menikmati masa-masa menggunakan feature phone.

Pengertian dari feature phone ini terkait dengan kelas ponsel. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan ponsel low-end dimana ponsel tersebut terbatas dalam kinerjanya. Dan sangat kontras dengan smartphone.

Sedangkan android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar dan tablet. Selain sistemnya yang pintar, android juga memiliki banyak aplikasi (apps) yang memiliki banyak manfaat dan terus dikembangkan.

Berbicara tentang manfaat, saya mempunai satu cerita terkait dengan smartphone android. Berdasarkan pengetahuan, di tempat kerja saya tuh ada tiga wanita yang mempunyai usaha sampingan. Malah bisa dibilang pembisnis. Detailnya, Ibu A memiliki bisnisan produk tupai ware, Ibu B memiliki usaha pakaian dan Ibu C memiliki usaha catering.

Ketiga Ibu di atas tergolong Ibu yang minim pengetahuannya tentang promosi produk secara online. Lho, emang apa kaitannya dengan promosi online, Dah?

Kamu tahu sendiri kan, kalau sekarang masuk zaman netizen. Dimana sebagian besar orang yang membutuhkan informasi tuh mempercayainya pada internet. Terbayang dong, jika teman-teman saya bisa melakukan promosi produk-produknya secara online. Saya yakin, mereka akan mendapat tambahan omset.

Saya memberi tahu kepada mereka, bahwa untuk melakukan promosi online ini tidak susah. Hanya bermodal perangkat laptop dan atau smartphone, serta didukung dengan jaringan internet. Nah, karena teman-teman saya sering mobile, jadi saya memperkenalkan smartphone kepada mereka supaya lebih efektif.

Saya menjelaskan kepada mereka tentang apa yang bisa mereka lakukan dengan smartphone. Saya pun membawa sampel smartphone android milik saya. Supaya mereka ada gambaran jika nantinya mereka memiliki si android. Saya juga menggaris bawahi, aplikasi apa saja yang harus mereka miliki ketika akan memulai promosi online. Karena mereka bukan emak-emak masa kino, jadi saya memperkenalkan aplikasi yang mudah dimengerti oleh mereka. Adalah jejaring sosial.

Kita semua tahu, betapa kuatnya peran media sosial untuk sebuah promosi online. Terlebih, jika sudah mempunyai banyak teman, bisa membangun networking. Pertama yang saya kenalkan kepada mereka adalah facebook. Ya, facebook menurut saya adalah sosial media yang sangat bisa dimengerti dan mudah dipahami oleh para emak-emak. Dengan sekali post produk, ada banyak mata yang bisa melihatnya. Emangnya kalau mau facebookan harus mengunakan android, Dah? Kan bisa menggunakan handphone standard.

I See, dear. Tapi, saya merekomendasikan android tentu karena ada maksud lain. Yaitu, setelah saya mengenalkan facebook pada mereka, saya berniat mengenalkan aplikasi lain yang bisa digunakan sebagai media promosi online. Seperti; Instagram, Path, Twitter, WhatsApp, BlackBerry Messenger dan sampai pada media Blog.

Dan, semua aplikasi di atas akan mudah diakses menggunakan smartphone android. Bersyukur sekali, teman-teman bisa menerima penjelasan dari saya dan segera menindak lanjuti untuk memakai android. Saya tidak merekomendasikan smartphone android merk ini dan itu. Karena, kini harga sebuah smartphone android makin terjangkau. Bukankah jika ingin sukses dalam bisnis memang harus berani mengeluarkan modal kan, ya? Dan, android ini adalah salah satu wujud dari moda dan juga asset.

Saya merasa senang, karena sekarang Ibu A sudah mulai mempromosikan produknya melalui akun sosmed dan BBMnya. Dan, tahukah kamu? Sekarang, winner arisan Tupai Ware di kantor sudah mulai diworo-woro di group BBM milik Ibu A. :mrgreen: Satu langkah lebih maju dengan android!

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *