​Faktor Pertimbangan Memilih Layanan Colocation Provider

Memilih colocation provider jelas tak boleh asal. Dalam hal ini ada beberapa faktor yang perlu kamu pertimbangkan. Mengapa demikian? Alasannya karena ada beban tanggungjawab yang mesti diampu dalam hal pemeliharaan server dan perbaikan.

Lantas, faktor apa saja yang dimaksud? Berikut diantaranya:

Pembawa Netralitas

Secara idealnya, data center sebaiknya memungkinkan kamh untuk beralih di antara beberapa operator internet. Selain itu, semua penyedia utama sudah semestinya standby.

Koneksi Internal

Antara pengguna dan operator, bahkan antara pengguna yang satu dengan pengguna lain dimungkinkan lintas hubungan.

Hal tersebut karena adanya fitur yang memberi kesempatan bertukar data secara mudah. Namun, ada pula yang memungut biaya tambahan.

Koneksi Eksternal

Koneksi eksternal juga tidak kalah penting. Dengan cadangan satelit bonus, didapati beberapa sambungan kabel ke data center penting.

Stabilitas Jaringan dan Upgrade

Stabilitas jaringan dan upgrade jelas penting. Hanya saja memang membutuhkan pemeriksaan menyeluruh sebelumnya.

electric-panel-nex

Security

Pertimbangan memilih colocation provider ini ibarat penjagaan selama 24/7 tanpa henti. Keamanan dibutuhkan seperlu melawan lapisan transpor dan juga serangan DdoS bila ada. Sehingga data kamu akan tetap aman.

Daya dan Pendinginan

Demi terpenuhinya kebutuhan pengguna, maka sudah seharusnya setiap fasilitas colocation tersedia.

Seperti daya yang cukup dan UPS penuh daya cadangan. Fasilitas lain yang sebaiknya juga dimiliki misalnya sistem HVAC kuat plus redundansi seperlu melakukan pengontrolan iklim.

Biaya dan Harga

Berkaitan dengan biaya dan harga memang tidak ada harga standar. Hanya saja bila dibandingkan tingkatannya, pastikan kamu tidak lupa untuk mempertimbangkan biaya set-up dan biaya backup off-site.

Diketahui beberapa penyedia memiliki kisaran harga tersendiri. Karenanya dianjurkan untuk membandingkan bandwidth, jumlah daya, dan kebutuhan lain yang dibutuhkan.

Kontrak dan SLA

Sebagian besar layanan berjalan pada kontrak jangka tetap. Sehingga ada jaminan keamanan untuk kedua belah pihak. Kontrak dan SLA itulah yang nantinya menjadi parameter yang perlu diperhatikan.

Pastikan kebutuhan kamu semuanya tercover layanan colocation provider.

Sumber gambar : http://www.nexdatacenter.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *