Sekarang beli kartu perdana harus pakai KTP

Kominfo

Sekarang beli kartu perdana harus pakai KTP (kartu identitas lainnya). Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mulai memperketat registrasi kartu perdana / kartu SIM seluler prabayar mulai selasa 15 desember 2015 kemarin, hal ini dilakukan untuk mengurangi penyalahgunaan dalam menggunakan telekomunikasi seluler (terutama ponsel).

Sekarang registrasi dengan mengetik daftar ke 4444 sudah tidak dapat anda lakukan , anda hanya bisa melakukannya di gerai kartu perdana yang sudah ditunjuk sebagai mitra oleh perusahaan kartu perdana, registrasinyapun anda harus menyertakan kartu identitas asli anda sendiri, bisa : KTP, SIM, Kartu Pelajar, Pasport.

Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) sedang dalam proses menjalin kerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) terkait dalam penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam KTP sebagai salah satu persyaratan untuk registrasi dalam pembelian kartu SIM perdana baru.

Dalam berita yang barusan saya baca bahwa kominfo juga memodifikasi untuk registrasi di kartu SIM baru , di tuliskan bahwa ” Hanya bisa di Registrasi oleh pegawai Gerai”

Beberapa tujuan positif yang bisa diambil dari ketentuan ini (menurut saya sendiri) :

  • Setidaknya ada pengurangan dalam hal penipuan lewat SMS dan telepon.
  • Pengurangan dalam registrasi data palsu.
  • Memudahkan Pelacakan Penipu lewat SMS dan Telpon bisa lebih mudah dilacak

Dampak Negatif menurut saya :

  • Kemungkinan ada pengurangan Gerai , atau penjual kartu perdana. Kasihan penjual / Counter kecil yang cari rejeki disana
  • Tapi saya yakin pasti ada celah dan kelicikan yang dapat dilakukan oleh salah satu pegawai atau instansi. Yang jelas pasti kecolongan.
  • Jumlah penjualan kartu juga pasti akan berkurang drastis , Type pemakai kartu buang ketika kuota/pulsa habis dan beli lagi perdana baru akan mulai berpikir dua kali.

Pengalaman dan opini Admin sendiri :

  • 2 hari yang lalu kuota internet saya habis , dan rencana saya adalah membeli kartu perdana baru , karena harga kartu perdana lebih murah daripada anda mengisi kuota di kartu lama saya , tapi saat saya mampir disalah satu counter terdekat didaerah saya , saya disarankan untuk membeli pulsa saja dulu dan menambah kuota di kartu lama saya , dikarenakan untuk saat ini belum bisa melakukan registrasi , dan saya lihat jumlah kartu yang dipajang pun sangat sedikit, bisa dihitung dengan jari.
  • Saya pikir kebijakan ini menurut saya lumayan bagus , tapi berjalan atau tidaknya kita lihat saja nanti ! . saya yakin ketentuan ini pasti ada PRO dan KONTRA , tapi mohon dipikirkan lagi untuk hal yang lebih penting yaitu ” PIKIRKAN JUGA TENTANG KESTABILAN KONEKSI INTERNET “

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *