Review Harddisk Seagate FireCuda 2TB

Beberapa hari ini, saya tambah betah di depan komputer lantaran abis nyobain harddisk dari seagate dengan kapasitas 2 terabyte. Aktifitas yang dulunya cuma dua jam buat ngeblog, transfer data, dan main game, sekarang hampir tiga kali lipat. Ramadhan tidak menyurutkan semangat aktifitas.

Ceritanya sesampainya di rumah, paketan Harddisk Seagate Firecuda 2TB yang dibanderol dengan harga 1,8 juta telah mejeng di atas meja kerja untuk dilakukan uji coba. Bisa dibilang review kali ini termasuk istimewa karena saya mencoba langsung harddisknya. Selain itu, review yang paling membuat tangan gatal karena ingin buru-buru share hasil test harddisk. Kenapa? Karena jujur, saya paling sering pegang Harddisk Seagate 250GB sampai 500GB. Lha ini, dapat harddisk 2TB. Koprol, dong. 😀

HARDDISK 2TB

Omong-omong, review untuk harddisk seagate firecuda akan saya fokuskan pada test program, game dan transfer rate. Tadinya, saya ingin test bencmark saja, tapi kok rasanya mainstream, ya. Karena sudah banyak situs-situs yang membahasnya. Yaudah, cari topik lain tanpa mengesampingkan kinerja harddisk.

Modal awal untuk review, saya menyiapkan 3 perangkat untuk melakukan uji coba:

  1. Laptop dengan bantuan converter HD;
  2. PC low spec;
  3. PC Mid/high spec (detail spesifikasi nanti dijelaskan dibawah);

Transfer data

Dilihat dari spesifikasi HDD, Seagate Firecuda 2 TB ST2000DX002 memiliki interface SATA 6Gb/s NCQ (SATA 3.0) dengan 4096 Bytes per Sector dan 7200 RPM. Artinya, transfer data lebih cepat 60-70% saat transfer file bergiga-giga. Berbeda dengan hardisk yang saya pegang sebelumnya (seagate 250-500GB).

REVIEW HD FIRECUDA 4

Software

Seperti yang saya tulis diatas, proses transfer data lebih cepat 60-70%. Saya membuktikannya saat membuka aplikasi berat seperti: CorelDraw, Photoshop, dan Filmora.

Kecepatan akses terasa sekali saat saya membuka aplikasi yang saya sebutkan diatas. Dari yang sebelumnya membutuhkan waktu beberapa menit untuk membuka aplikasi tersebut, setelah memakai Firecuda bisa dihitung dalam detik.

Game

Rasanya masih kurang jika saya tidak mencobanya untuk main game. Sekalian login game favorit setelah bertahun-tahun tidak login sama sekali.

Test kali ini, saya melakukan uji test di warnet dengan menyewa 2 PC client. PC yang satu saya isi firecuda (HD telah saya instal OS windows 7 + Driver Backup). PC kedua bawaan warnet tersebut. Karena di warnet tersebut belum ada DOTA2, jadi saya coba di game alakadarnya saja.

Saya test di game Elsword, Lostsaga, DragonNest dan PointBlank. Perbedaan yang sangat terasa adalah saat loading MAP lebih cepat dibanding dengan PC client standar. Selanjutnya, saat bermain party dengan banyak player tidak terlalu patah-patah (LAG) yang bukan bukan pengaruh dari koneksi internet.

REVIEW HD FIRECUDA 1

Ujicoba game tidak berhenti disitu saja, saya masih ingin mencobanya digame offline.

Yaudah, langsung saja saya install game offline yang membutuhkan waktu agak lama saat loading map dan loading awalan masuk game. Game yang saya masukkan adalah : Call of Duty Modern Warefare, Silent Hill, Warcraf, PES, Empire Earth, Red Alert, dan beberapa game PSP, PS1, dan PS2 menggunakan emulator. Dan sayang saya tidak menemukan permasalahan LAG saat bermain tersebut.

Kesimpulan

Hardisk ini saya yakin akan menjadi harddisk favorit, dan paling sering dibeli dikalangan Gamer maupun Designer. Kenapa? Hardisk type konvensional dijaman sekarang terlalu lambat, dan Hardisk type SSD terlalu mahal untuk dibeli.

Nah FireCuda ini adalah Flash Accelerated Drive berada ditengah-tengah antara konvensional HD dan SSD yang speksifikasinya masih bisa diajak bersaing dengan SSD. Seagate FireCuda didukung dengan adaptive memory dan 8GB NAND Flash, sehingga memberikan performa lebih unggul di kelasnya, seperti lebih cepat dalam memproses data dan load aplikasi maupun games.

HD FIRECUDA 2 TB

Jadi, hari gini masih pakai harddisk, bagi saya tidak masalah. Apalagi harddisknya dari seagate yang kualitasnya super. Ngga bingung lagi jika mau dipakai buat backup data juga, ya.

Notes spec:

  1. HD converter dipasang di Laptop HP 14 : Windows 7 Ultimate 32-bit SP1 AMD E1-2100 APU with Radeon HD Graphics, 2.0GB RAM, AMD Radeon HD 8210.
  2. PC Operator warnet : Windows XP SP3 32bit, Dual Core, Ram 2gb, Vga 1GB , HD Seagate 250GB.
  3. PC Kantor : Windows 10 64bit, Core i3, Ram 4Gb, Vga 1GB , HD Segate Baracuda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *