Gunakan 5 Software Gratis Ini untuk Membuat Web Design

Pemakaian software yang tepat akan memperlancar kemudahan dalam membuat web design. Kamu juga dapat menyelesaikan proyek dari klien lebih cepat dengan bantuan program atau aplikasi yang sesuai. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk memilih software yang tidak memperlambat kinerja serta bisa dioperasikan dengan mudah pada laptop atau personal computer. Jangan sampai kamu memakai software yang terlalu sulit untuk digunakan, apalagi kalau kamu masih pemula.

Nah, bila kamu masih bingung memilih, lima software di bawah ini bisa dipakai untuk merancang desain web.

  1. Bluefish Editor

Sesuai namanya, Bluefish merupakan editor yang ditujukan bagi para programmer dan mempunyai fitur yang bisa kamu pakai untuk merancang website. Kamu bisa melakukan penyuntingan dengan fitur seperti syntax highlighting dan mendukung CSS, HTML, PHP, JavaScript, ASP.NET, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa memakai template, wizard untuk penambahan CSS, menyunting tag secara cepat, memantau dokumen yang sedang dikerjakan, dan fitur lainnya. Kamu yang masih tergolong pemula dapat memakai Bluefish untuk belajar merancang website.

  1. Brackets

Sama seperti Bluefish, Brackets adalah penyunting kode berbasis JavaScript, HTML, dan CSS. Software bersifat open source ini dikembangkan Adobe. Sehingga memungkinkan kamu untuk memodifikasi atau mengembangkan Brackets bersama para pengguna lain yang tergabung dalam komunitas.

brackets softwae
brackets software

Menjalankan Brackets pun terbilang mudah, contohnya kamu bisa menampilkan Quick Edit berisi aturan CSS hanya dengan mengeklik tag HTML atau menekan CTRL+E. Kemudian dengan Live Preview, kamu tak perlu melakukan muat ulang laman pada browser untuk melihat hasil perubahan yang dibuat.

  1. KompoZer

Programini sebenarnya belum mendapat perkembangan terbaru, tetapi layak dicoba bagi para pemula. Cara kerja KompoZer yang seperti pengolah kata tidak menuntut kamu untuk menguasai CSS, HTML, dan lain sebagainya. kamu hanya perlu mengetik teks, merancang format, lalu klik beberapa tombol kalau ingin menambahkan tabel, tautan, gambar, dan lain sebagainya. Di sisi lain, pengguna yang sudah lebih berpengalaman bisa memakai program ini untuk menyunting HTML. Namun biasanya programmer yang sudah handal akan lebih memilih program yang lebih baik dan terkini.

  1. OpenBEXI

Software penyunting HTML ini bersifat WYSIWYG. Jadi, dengan OpenBEXI, kamu dapat melakukan drag and drop dari widget (tautan, teks, gambar, grafik, dan lain sebagainya) untuk diatur sedemikian rupa hingga terbentuk sebuah halaman. kamu juga bisa mengatur CSS atau skrip sejenis beserta FTP client yang ada di dalamnya untuk kemudian diunggah secara bersamaan. Kamumungkin akan mendapatkan kesulitan saat membuat objek yang nantinya akan dimasukkan ke halaman. Interface OpenBEXI yang berbasis browser mungkin akan agak membingungkan, tetapi tetap layak dipakai.

  1. BlueGriffon

Seperti halnya OpenBEXI, program ini mempunyai pendekatan WYSIWYG yang mempermudah kamu dalam menyunting situs. Selain itu, ada banyak fitur yang bisa kamu gunakan untuk merancang website atau pekerjaan lain seperti mengetik sebuah teks, memasukkan audio, gambar, dan fail lainnya. Di sisi lain, BlueGriffon pun mempunyai penyuntingan SVG dengan dukungan CSS, DOM, dan lain sebagainya. Sayangnya, ada beberapa bagian dari Blue Griffon yang tidak bisa dipakai secara gratis atau berbayar. Sehingga dalam beberapa bagian, pekerjaan kamu jadi terasa kurang optimal.

Contoh web desain
Contoh tampilan web desain menggunakan salah satu software gratis di atas

Nah, jika kamu belum bisa membeli software yang original, lebih baik gunakan software gratis untuk mulai belajar web desain agar ilmunya berkah. 😉

sumber gambar : Stucel Media Kreatif : Web Design Jakarta, Indonesia.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *