Situs Untuk Belajar Opensource dan Pemrograman

Hallo, Sahabat Belajar IT. Bagaimana kabarnya? Puasa masih tetap lanjuuut, kan? :mrgreen: Kali ini saya belajar mereview blog sahabat nih.

Situs Untuk Belajar Opensource dan Pemrograman, sekarang masih beralamat di . com. Sekedar memberitahukan, situs ini nantinya akan berganti alamat menjadi darto[dot]net. Mungkin bulan Agustus mendatang sudah mulai aktif situs ini. Serius ini bukan promosi.

Saya kagum dengan niat Bapak Agus untuk menyampaikan atau sekedar sharing apa yang sudah beliau dapat. Khususnya untuk materi Opensource dan Pemrograman. Meski beliau mempunyai banyak kegiatan atau kesibukan yang “membahana”, namun masih mempunyai waktu untuk berbagi. Sebagai Dosen Teknik di salah satu universitas swasta, beliau menularkan apa yang akan atau sudah beliau ajarkan kepada Mahasiswanya melalui media Blog.

JAVALamp yang kini sedang mengadakan giveaway perdananya, meminta setiap peserta untuk mereview Blog yang berlogo Senthir atau Lampu templok. Tampak kurang elok sebenarnya, mereview Blog milik seorang yang menurut saya sangat ahli dalam bidang IT ini. Tapi, bukan berarti tidak boleh memberi sebuah saran untuk JAVALamp supaya tampil lebih baik dan memukau. :mrgreen:

Baiklah, saya akan mulai berinteraksi dengan JAVALamp, nuwun sewu lho Pak. Semoga njenengan berkenan dengan review-reviewan ini.

Situs Untuk Belajar Opensource dan Pemrograman
JAVALamp

1. Penampilan

Saya lebih suka menyebut JAVALamp sebagai salah satu situs education dengan bidang Opensource dan Pemrograman. Olehkarena itu, ada baiknya penampilan atau desain blog dibuat semenarik mungkin ala Education Blog.

Theme yang sekarang digunakan sudah bagus. Background putih, ukuran font, warna font sudah pas. Namun, jika akan disetting sebagai Education Blog, themenya masih standard dan menurut saya perlu adanya perubahan guna untuk membuat readers merasa betah dan selalu ingin klik-klik-klik untuk mengetahui isi secara lengkap.

Header sebuah education blog mungkin perlu sedikit dirapihkan. Ditambah pernak-pernik logo JAVA, Linux, SQL dan lain sebagainya, yang menciri khaskan sebuah Blog yang menyuguhkan artikel tentang JAVALamp.

Kategori Label sudah disediakan, tapi akan akan semakin terlihat cantik jika label dibuat dalam bentuk page kategori. Dimana tampilan label tersebut diletakkan dibawah header.

2. Aksesoris

Aksesoris yang sudah digunakan JAVALamp hampir semuanya penting. Hanya saja peletakannya kurang ideal. Contohnya, widget Penulis Blog. Biasanya widget ini akan diletakkan dideretan teratas. Dengan maksud, supaya pengunjung langsung bisa mengetahui “siapa sih penulis education blog ini”?. Selain itu, perlu adanya penambahan widget yang biasanya malah lebih penting dari widget apapun, seperti postingan terbaru dan postingan terpopular. Kedua widget ini sungguh sangat penting, bisa mempermudah pembaca dalam mendalami blog dan menambah jumlah view klik-klik-klik. Kata Nicholas Saputra, aksesoris yang dikenakan suatu Blog mencerminkan kepribadian si pemilik lho. Benar atau tidaknya, silakan bertanya pada diri sendiri. :mrgreen:

Mengenai tombol Share. Ada baiknya share via G+ juga disatukan di Widget Share It.

3. Konten

Sudah tidak diragukan lagi, keabsahan pemilik Blog dalam berbagi mengenai Opensource dan Pemrograman. Sebagai pecinta Linux, saya merasa ada kenikmatan sendiri ketika membaca artikel-artikel beliau dari segi pemaparannya. Sebelum masuk dalam pembahasan, beliau selalu menulis suatu pengertian ini itu, fungsi, kelebihan, kekurangan sampai dengan manfaat. Komplit, bukan?

Dari segi Konten, saya salut dengan beliau. Kriptografi yang sungguh membuat puyeng, begitu juga dengan Kriptologi dan Security Computer, sekarang bisa dipelajari lagi dengan membaca artikel-artikel di JAVALamp. Penyajian yang benar-benar dari dasar ini sangat memudahkan bagi mereka yang sedang dalam tahap belajar (seperti saya), atau hanya sekedar mencari referensi. Jos mbanget pokoke.

4. Prestasi

Prestasi sebuah Blog akan selalu berdampingan dengan rajinnya update artikel, promosi online, promosi offline dan blogwalking.  Sempat saya cek prestasi dari JAVALamp, yang sudah hidup kurang lebih enam bulan. Nilai Alexa 1,556,740 dan Page Rank 0. Nilai tersebut termasuk baik atau belum tergantung kriteria pemilik Blog dong, ya.

Sekedar sebagai motivasi, tapi tidak bermaksud sum’ah atau riya. Setelah saya cek Belajar IT yang notabenenya jarang update, ternyata JAVALamp nilai alexa dan juga page ranknya terpaut jauh. Sama-sama berdiri pada Bulan Desember 2012, lho. Nah, sekarang JAVALamp kudu membuat sebuah prestasi yang lebih baik dong. Artikel-artikelnya saja sudah TOP, jadi perstasi Blognya juga perlu ditingkatkan. Supaya seimbang. . . :mrgreen:

Ternyata goresannya sudah banyak, ya. Padahal masih ada Kelebihan dan Saran yang belum saya sampaikan. :mrgreen: Kelebihan dari JAVALamp adalah berisikan artikel-artikel penting seputar Opensource dan Pemrograman. Kalau bahasanya Pakde tuh, Blog berniche dan akan lebih bagus jika konten yang disajikan serupa, senada dan sekata. 😆

Pak, di niatkan saja JAVALamp sebagai situs edukasi, Situs Untuk Belajar Opensource dan Pemrograman. Insya Allah semua yang ditulis nejenengan akan bermanfaat dan sangat bermanfaat bagi saya dan mereka, teman-teman yang membutuhkan. Mengenai saran, jika Bapak sudah membaca goresan saya dari awal pasti tahu. Apa yang sebaiknya dipoles, ditingkatkan atau diredesaign? Adalah Penampilan, Aksesoris dan Prestasi.

Sebagai masukan juga nih, Pak. Jika Bapak menginginkan Programer Wanita di Indonesia tidak sepi, maka Bapak perlu mentransfer ilmunya kepada saya. Jika diberi ilmu tentang pemprograman dan seperangkatnya, saya bersedia lho, Pak. Ini masukan atau permintaan, ya. :mrgreen:

Oiya, mengenai alamat domain, ada baiknya langsung didirect lho, Pak. Untuk menanggulangi duplicate konten, katanya sih gitu. Hihihihi. Untuk menjaga kemulusan konten JAVALamp tetap sebagai situs edukasi. Jadi, untuk artikel yang berbau selain JAVALamp, mending ditulis pada subdomain saja, Pak. Misal membuat sub domain: goresan[dot]darto[dot]net . Supaya lebih mulus dan tambah Jos. . . ^_*

Sekian review-reviewan dari saya. Bagi yang mendukung program IGOS, saya merekomendasikan JAVALamp sebagai situs untuk belajar Opensource. Begitu juga, bagi para programer pemula, madya bahkan mahir, JAVALamp sangat direkomendasikan. Karena, JAVALamp salah satu Situs Untuk Belajar Opensource dan Pemrograman. Ini bukan promosi terselubung atau berbayar lho, tapi nyata. :mrgreen:

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *