Cara Membetulkan HP Tidak Bisa diCharge

Baterai ponsel kamu tidak bisa mengisi dengan sempurna , atau kabel USB kamu serasa kurang pas , atau harus di paskan supaya bisa charger , itu mungkin beberapa efek-efek atau gejala-gejala ada sesuatu yang harus kamu cek di ponsel kamu. Tips dibawah ini bisa kamu jalankan dan semoga cara dibawah ini bisa menjadi solusi kamu :

Cara Membetulkan HP Tidak Bisa diCharge

  • Port USB
    Masalah yang seing keluar adalah port USB kamu tidak dapat terhubung dengan baik saat kamu colok USB atau saat kamu melakukan charging , lalu apakah yang bisa kamu lakukan? jangan di bongkar dulu HP kamu perhatikan port USB di HP kamu , apakah ada yang bengkok atau ada semacam barang seperti pesawat terbang yang nyangkut di HP kamu :v. Biasanya semacam remahan roti atau debu yang menggumpal , cara sederhananya coba berihkan dengan pembersih telinga atau tusuk gigi dan silahkan bersihkan .
  • Tukar Kabel
    Jangan panik , kalau ada teman yang mempunyai charger yang sama dengan kamu , coba pinjam sebentar dan tukar dulu kabel charger kamu dengan teman kamu , lakukan uji coba ada efek tidak , lakukan juga dengan tukar charger , supaya anda bisa mengidentifikasi mana yang rusak antara charger atau USB kamu.
  • Beda Charger Beda Kemampuan
    Kamu merasa saat charging melihat ada perbedaan , saat charging di laptop , atau charging dengan charge lain , atau charge dengan charge desktop , setiap charge memiliki kemampuan tersendiri , jadi usahakan selalu memakai charge original di HP kamu , jika charge original kamu sudah rusak , kamu bisa memakai charge lain tapi perhatikan INPUT dan OUTPUT di charge kamu (kamu bisa baca di badan charger kamu)
  • Ganti Baterai
    Baterai akan menurun performanya setelah di gunakan lebih dari 1 atau 2 tahun , jadi silahkan ganti yang baru jika baterai kamu sudah sering DROP sendiri atau sering mati sendiri .
  • Kalibrasi (manual)
    ikuti langkah-langkah kalibrasi berikut :
    – charge HP kamu penuh 100% dalam keadaan hidup , dan matikan
    – dalam keadaan mati Charge lagi hingga penuh 100% (perhatikan baik-baik sampai full)
    – setelah penuh saat charge (mati) lakukan charge lagi saat hidup 100%
    – sekarang pakai HP kamu secara normal (jangan sambil di charge) habiskan baterai anda.
    – setelah habis , diamkan 10-15 menit
    – lalu tahap akhir yaitu charger HP kamu 100% saat HP kamu MATI
  • Jauhkan dari hal berikut
    Jangan charge HP kamu dekat AIR atau tempat panas , jangan juga kamu melakukan charge saat HP kamu masih panas , diamkan dulu 10-15 menit baru di charge, hal diatas bisa memicu ledakan pada HP atau charger kamu.
  • Tukang Service Terdekat
    Jika tips diatas belum bisa juga , bawalah ke service center terpercaya di daerah terdekat anda 😀
  • BBB (Bukan Bintang Biasa)
    Jika tips diatas sudah anda lakukan tapi belum berhasil juga , silahkan gunakan fungsi BBB yaitu Buang Beli Baru 😀
  • Baterai-HP-Kembung

tambahan :

  • Kalibrasi membuat baterai anda seperti baru , maksud dari baru yaitu data-data HP yang tersimpan di “batterystats.bin” akan hilang semua seperti saat anda memakai baru ponsel anda. Jika dirasa kerepotan saat kalibrasi anda bisa menggunakan aplikasi seperti “Battery Calibration” atau yang lainnya
  • Selalu update software di HP kamu .
  • Selamat mencoba 😀
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *