Cara Mengetahui Class Pada MicroSD

Sekali lagi ada niatan gatel untuk utak-atik android , A7s yang mempunyai RAM hanya 512 MB , untuk saat ini sepertinya memory RAM 512 MB sudah tidak dapat menampung banyak aplikasi yang sudah besar-besar , rencana saya kali ini adalah mau mencoba SWAP. Swap adalah bagian dari operasi berbasis Linux yang berfungsi sebagai Virtual Memory , Virtual Memory tersebut membantu RAM (Random Access Memory) tadi untuk beberapa kasus, tapi kali ini saya tidak akan menjelaskan secara panjang lebar tentang SWAP. Saya akan condong menjelaskan tentang Cara Mengetahui Class Pada MicroSD.

Karena beberapa hari lalu saya fokus mencari artikel tentang SWAP , jadinya saya lebih banyak memahami tentang SWAP tersebut , tapi diawal artikel disebutkan sebelum melakukan SWAP minimal MicroSD / SDCard anda harus “Class 6” , walapun saya sering mendengar Class dalam MicroSD tapi saya belum paham apa itu Class dalam dalam MicroSD , lalu dari tadi pagi saya berguru pada temen-temen dan terutama Mbah “Google” šŸ˜€ , lalu saya bisa menjabarkannya berikut :

Speed Class :

Speed Class pada MicroSD (bisa juga memory Eksternal laiinya) dapat diartikan dengan tingkat kecepatan Write dan Reading Data / file di dalamnya , dalam MicroSD ada 4 golongan yaitu golongan Class 2 , 4, 6 dan Class 10. Angka pada setiap Class mengartikan atau menyebutkan minimum (bisa lebih) kecepatan write dan read data, coba perhatikan berikut :

  • Class 2 = Minimum Rate Read & Write fileĀ  2MB/s
  • Class 4 = Minimum Rate Read & Write fileĀ  4MB/s
  • Class 6 = Minimum Rate Read & Write fileĀ  6MB/s
  • Class 10 = Minimum Rate Read & Write fileĀ  10MB/s

UHS Speed Class :

  • Mark 1 (UHS I) = Minimum Rate Read & Write fileĀ  10MB/s
  • Mark 3 (UHS II) = Minimum Rate Read & Write fileĀ  30MB/s

speed class

Lalu bagaimana cara untuk mengetahuinya ?

Pertama : Cara untuk mengetahui ClassĀ  MicroSD / SDcard yang ada dipasaran adalah dengan melihatĀ  detail dari bungkus / wadah dari MicroSD tersebut , untuk Class biasanya berlogo , angka 6 dilingkari untuk class 6 , begitupun class yang lainya (cek gambar diatas).

Kedua : Untuk Ponsel Android anda bisa melakukan test kecepatan pada microSD anda dengan aplikasi yang bisa anda dapatkan di Google Play store, Searching saja dengan kata kunci “SD Tool” nanti akan banyak aplikasi yang bisa anda coba , saya sudah mencoba 2 Apk terdepan yaitu : SD Tools (Veluscek Ales) dan A1 SD Bench ( a1dev.com) . tapi anda juga bisa mencoba aplikasi yang lainya seperti : SD Card Speed Test dan SD Card Tester

tambahan :

  • Untuk bungkus yang menuliskan detail class pada MicroSD anda belum tentu kecepatan pada memory anda sama dengan detail di bungkus tersebut , jadi sebelum anda membelinya coba tanyakan garansi pembelian , sebelum anda mengalami kerugian .
  • Untuk mengurangi kegagalan transfer data saat bermain game sebaiknya anda menggunakan minimum MicroSD Class 6 , untuk menghindari “SD Card Removed” atau game anda terasa sangat lambat dan LAG.
  • semoga terbantu , dan bermanfaat šŸ˜€

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *