Cara Menghemat Baterai Android Smartphone

Sebenarnya saya sudah menulis artikel sejak 1 hari yang lalu , rencananya ini posting saya Scedule /jadwal untuk hari selasa 14/07/15. Tapi entah mengapa banyak kejadian terjadi saat saya ingin posting artikel ini apasajakah ! ini saya ceritakan sedikit , pertama stok minuman saya habis , dari teh celup dan kopi abis , alhasil beberapa hari ini saya cuman minum air putih dengan irisan lemon yang saya beli dipasar kemarin, lumayan sekilo hanya 10 ribu , kedua mengapa saat saya ingin posting artikel ini rasanya males banget , pengennya ganti artikel saja , ketiga saya sudah niat-niatin memulai dengan menulis judul , eh hasilnya saya malah ketiduran sampai sahur tiba :D. Akhirnya ya saat inilah saya mulai lagi menulis lagi untuk artikel cara menghemat baterai android smartphone, semoga artikel ini berguna untuk para pemakai baru smartphone android , dan orang yang belum mempunyai smartphone android seperti saya ini (itung-itung persiapan).

LOGO ANDROID

Tips, trik cara menghemat baterai android smartphone

  • Uninstal aplikasi yang anda anggap tidak begitu penting dan berguna , sederhananya aplikasi yang tidak berguna atau jarang digunakan itu hanya akan menambah beban di baterai androin anda , sekaligus mengurangi jumlah pemakaian memory di androin anda.
  • Overclock tidak hanya komputer atau laptop saja , smartphone sekarang bisa juga ditinggkatkan kemampuanya dengan tehnik overclock (ROOT*), tapi menurut saya overclock tidak diperlukan jika untuk pemakaian normal, jadi hindari overclock. Overclock hanya disarankan untuk mengejar kebutuhan anda yang kurang , seperti untuk menghindari LAG saat main game atau yang laiinya :D, karena overclock juga mempengaruhi kinerja baterai anda
  • Jaringan tahukah kamu jaringan 3G di indonesia itu belum stabil , jadi saya sarankan pilih option “2G Networks Only” karena saat ada perpindahan  3G ke 2G atau sebaliknya proses pencarian sinyal tersebut menguras baterai lebih banyak saat perubahan tersebut. dan saat anda sms , menelpon dan browsing anda tidak memerlukan sinyal 3G
  • Matikan Wifi, Bluetooth, GPS jika tidak digunakan, setting pula kecerahan layar ponsel anda .
  • Ringtone dan wallpaper jika ingin tambah ngirit lagi set ringtone anda jadi silent , atau minimalkan ringtone anda seperti pemilihan ringtone yang pendek bukan lagu yang panjang. Gunakan wallpaper biasa saja , kalau bisa ukuran wallpaper buat yang pas dengan ponsel anda dan kompress gambar , jangan pula menggunakan live wallpaper.
  • Screen timeout setting screen timeout jangan terlalu cepat dan jang terlalu lama (normal 30detik s/d 1menit). Terlalu cepat membuat anda harus menghidupkan lagi power sebelum anda selesai membaca. Terlal lama membuat anda menunggu timeout disaat anda sudah selesai membaca.
  • Charge lakukan charge secara berkala, maksud dari berkala iyalah jika anda biasa melakukan charging saat jam 7 malam , maka lakukan hal yang sama , kecuali sebelum waktu itu baterai sudah habis , kegunaaan charge secara berkala adalah meningkatkan durabilitas baterai itu sendiri , ya istilahkan memperpanjang umur baterai itu sendiri.
  • Tutup aplikasi saat aplikasi itu tidak digunakan , anda bisa memakai aplikasi bawaab atau aplikasi thirdparty .

nb :

  1. ROOT* = kalau yang bicara orang awam biasanya juga disebut overclock :D, padahal istilahnya mungkin lain.
  2. sementara itu dulu , kalau ada pengalaman seputar baterai agar awet silahkan komentar 😀
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *