Cara Meningkatkan Performa Android tanpa Root dan Aplikasi

Cara Meningkatkan Performa Android bukan hanya dengan root atau dengan aplikasi dari pihak ketiga (aplikasi diluar bawaan handphone) , jika anda benar-benar bisa utak-atik sendiri ponsel anda , anda tidak memerlukan jalur root atau aplikasi untuk melakukannya hanya dengan aplikasi dan setting bawaan smartphone anda semua bisa anda lakukan dengan mudah tanpa anda harus membawanya ke service handphone atau ke bengkel hanphone terdekat.

Kemajuan semakin pesat , aplikasi-aplikasi update yang terbaru memiliki file-file yang lumayan besar untuk di tampung memory RAM yang hanya 512MB, akhirnya saya mulai berpikir RAM 512 MB sekarang sudah tidak cocok/layak mulai bulan oktober 2015 ini (opini saya) , mengapa saya berpikiran seperti itu ? , seperti yang saya sebutkan di atas aplikasi-aplikasi yang terbaru sudah memiliki file yang sudah bisa dibilang besar , kalau kita tidak  benar-benar memilih aplikasi  terpenting , saya yakin RAM anda akan penuh , dan hasil ujung-ujung dari RAM penuh adalah anda tahu sendiri. Hanphone anda lemot , kadang aplikasi crash , memory full , dan terkadang handphone anda mati sendiri , lalu bagaimana menyiasatinya , gampang kok , mari disimak dimari !

Spesifikasi Acer Liquid e3 yang Menggoda

Cara Meningkatkan Performa Android tanpa Root dan Aplikasi

  • Kenali Handphone anda : Mengenali kemampuan ponsel anda sendiri sangat perlu anda lakukan , lebih lagi dengan RAM 512 MB , anda tidak perlu pamer dengan banyak aplikasi dengan file yang lumayan besar, yang jelas jika minim RAM , menurut saya coba tanya diri anda sendiri , tujuan punya handphone untuk apa , kalau cuman sosialisasi pasang aja BBM dan WA, game isi aja satu atau dua , yang penting RAM belum pebuh , kalau bisa sisakan 100MB, jadi kenali HH anda dan fungsikan sesuai kebutuhanmua.
  • Hapus dan disable Aplikasi : hapus aplikasi atau disable jika benar-benar jarang anda gunakan sekali , saya mematikan banyak fitur dan aplikasi untuk meringankan RAM saya , sepert contoh : youtube saya uninstall, talkback, talk, search , news wheater , android live wallpaper juga aku matikan , masih bnayak lagi yang tidak bisa disebutkan kali ini. anda dapat melakukannya sendiri di setting/device/apps, disitu anda bisa memilih mana aplikasi yang harus anda matikan (disable) atau anda uninstall.
  • Update / perbarui : update atau perbarui aplikasi dan sistem anda untuk mengurangi kejadian crash , karena jika perangkat anda usang / lama , biasanya juga tidak support untuk online saat ini 😀
  • Widget : matikan widget yang tidak dibutuhkan seperti Wifi , GPS , live wallpaper , Auto rotation untuk mengurangi beban RAM dan beban baterai anda .

Jika tips di atas sudah anda laksanakan ? untuk tambahannya anda bisa melakukan dengan mematikan animasi, menghindari live wallpaper dan gunakan SD card dengan class memory yang tinggi untuk membantu proses pembacaan data secara cepat. selamat mencoba dan rasakan bedanya 😀

nb : inti utama dari posting anda adalah : apa sebenarnya tujuan anda memiliki smartphone ? , jika anda fokus untuk chat saja , maka isi aplikasi chat saja yang penting sepeti BBM , WA , dan LINE , jadi istilah sederhanya ambil satu posisi saja , Chat , Game , Photo , atau yang lain. jika semua posisi anda ambil saya yakin ponsel anda tidak cukup RAM untuk bekerja 😀 , terima kasih

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *