Pengertian GPRS, EDGE, 3G, H+, HSDPA, HSUPA, HSPA, EVDO dan 4G LTE

Halo para pembaca , kali ini saya akan menjelaskan Pengertian GPRS, EDGE, 3G, H+, HSDPA, HSUPA, HSPA, EVDO dan 4G LTE , mungkin sebagian sinyal terdengar suda sering di telinga anda , kalau anda yang setua saya ! , yang paling familiar adalah GPRS dan 3G , itu jamannya handphone symbian menggelora di susul ponsel berbasis JAVA, tapi kali ini saya tidak akan muter-muter tentang symbian dan JAVA, kali ini saya akan berbagi info tentang pengertian sinyal GPRS, EDGE, 3G , dan lain-lain , yang mungkin sebagian orang salah persepsi.

Bila anda salah satu pengguna smartphone , ponsel , laptop atau produk teknologi lainnya , pasti anda akan sering berhubungan dengan jaringan sinyal tersebut untuk membantu pekerjaan / mempermudah komunikasi anda, seiring berjalannya waktu sinyal juga berkembang dengan baik , dimulai dengan GPRS di tahun + 90 an, teknologi ini sering dipakai untuk komunikasi yang bergerak (aktif), teknologi ini juga seiring berkembang dan membantu kehidupan masyarakat diantaranya sinyal yang bisa anda manfaatkan untuk berkomunikasi.

Timeout occured while processing the operation pada
Pengertian GPRS, EDGE, 3G, H+, HSDPA, HSUPA, HSPA, EVDO dan 4G LTE
  • GPRS (General Packet Radio Service) lahir di tahun 1997 , dengan sinyal ini pertama kali saya bisa berinternetan dengan ponsel symbian saya :v, secara umum GPRS memiliki kecepatan +100kbps, walaupun sebernarnya saya membuktikan tidak sampai segitu , tapi yang jelas dengan GPRS sudah bisa merubah dunia kamu.
  • EDGE (Enchanced Data for Global Evolution) hasil dari perkembangan GSM , sinyal ini memiliki kecepatan + 300kbps atau 3 kali lebih cepat dibandingkan dengan GPRS .
  • 3G (Third Generation Technology) Sinyal 3G merupakan perkembangan dari EDGE dengan nama UMTS ( Universal Mobile Telecommunication Service). UMTS sering disebut sebagai jaringan generasi ketiga setelah 2G. Sinyal 3G menyediakan berbagai fasilitas diantaranya adalah MMS, e-mail dan juga browsing. Selain fasilitas itu sinyal 3G atau UMTS juga memiliki fasilitas berupa video calling dan video conference. Sintal 3G memiliki kecepatan akses sekitar 480 kbps
  • HSDPA ( High Spedd Downlink Packet Access ) adalah sinyal yang dikembangkan setelah 3G. Sinyal ini memiliki kecepatan 9 kali lebih cepat dari sinyal 3G atau dengan kecepatan 3.6 Mbps. Fasilitas yang disediakan oleh layanan ini adalah video call, mobile TV, mobile video dan juga video content. Sinyal HSDPA memiliki gambar yang jauh lebih jernih dibandingkan gambar sinyal 3G.
  • EVDO (Evolution Data Optimized) sinyal ini lebih condong dan sering digunakan untuk sinyal dan modem CDMA, memiliki kecepatan sekitar kurang lebih 14 MBps
  • 4G (fourth Generation Technology) setelah melihat pendahu-pendahulunya seperti 1G, 2G, 3G , muncullah generasi keempat yaitu 4G , pengembangan dari 3G, kecepatan ini 500 kali lebih cepat dibanding dengan CDMA2000, sinyal ini memiliki kecepatan yang luar biasa yaitu 100Mbps ,sistem sinyal ini mungkin yang terbaik untuk saat ini .

Nb : 4g dengan kecepatan yang lumayan besar, tapi saat ini hanya bisa di nikmati di kota-kota besar yang di tunjuk provider kartu tertentu , untuk pelosok-pelosok desa seperti saya ini , jaringan apapun saya nikmati yang terpenting masih bisa blogging dan ber internetan ria 😀

Tags:, , , ,

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *