Cara Memasang Widget Alexa Pada Blog

Sahabat Belajar IT. Sahabat yang sudah lama berkecimpung di duna Blogger, pasti sudah tidak asing lagi dengan kata Alexa, kan? Cara Memasang Widget Alexa Pada Blog ini saya buat dengan sesadar mungkin lho. Sadar, kalau sebenarnya sudah banyak tutorial yang membahas tentang hal ini, namun jika saya menulis juga, tidak berdosa, kan? Cara Memasang Widget Alexa Pada Blog saya tulis dengan versi saya sendiri.

Alexa Rank adalah sebuah peringkat untuk sebuah website atau blog berdasarkan trafik atau banyaknya pengunjung, yang diberikan oleh alexa.com. Data trafik diambil melalui toolbar alexa pada browser pengunjung website atau blog. Terkadang, si Tante aLexa terlihat langsing dan sering juga terlihat gemuk. Kalau Alexa semakin langsing, pasti yang punya Blog atau Web bahagia. Namun, sebaliknya, jika semakin terlihat gemuk, sudah dipastikan si empunya Blog bakal mencari penyebab “apa yang membutamu gemuk, Sayang?”.

Cara Memasang Widget Alexa Pada Blog

Di sini saya tidak akan membahas tentang penyebab turunnya trafik Alexa, saya hanya ingin berbagi tentang Bagaimana Cara Memasang Widget Alexa Pada Blog.  Saya baru tahu, kalau tampilan dan menu pada Alexa yang sekarang berubah. Dahulu kala, ketika mau mengambil kode html alexa, bisa langsung menuju Menu Site Tools. Namun, sekarang menu tersebut tidak ada. Anda bisa menggunakan cara lain.

Cara Memasang Widget Alexa Pada Blog melalui tahap-tahap berikut:

Memasang Widget Alexa Pada Blog, untuk para pengguna WordPress.org

1. Anda masuk  http://www.alexa.com/siteowners/widgets2. Kemudian akan tampil seperti gambar di bawah. Ketiklah nama domain Anda. Setelah itu klik Build Widget.

Build Widget
Build Widget

3. Tampak angka Alexa domain Anda di sebelah kanan. Di sini Anda bisa memilih bentuk tampilan dari Alexa. Terdapat tiga pilihan model Alexa yang  bisa ditampilkan di blog. Silakan dipilih sesuai keinginan Anda. Dan copy salah satu script yang tertera di samping kiri.

4. Masuklah ke Dashboard Anda, kemudian ambil Widget Text. Pastekan script Alexa ke dalam Widget Text. Kemudian, Simpan.

Wiget Text WordPress
Wiget Text WordPress

Memasang Widget Alexa Pada Blog, untuk para pengguna Blogspot

Anda yang setia dengan blogspot, caranya hampir sama dengan di atas. Silakan Anda penuhi terlebih dahulu untuk tahap 1-3 seperti di atas. Setelah itu, Anda baru bisa melalui tahap berikut:

1. Masuklah ke Dashboard Anda. Pilih Menu Tata Letak. Kemudian tambahkan Gadget HTML/JavaScript.

 


2. Pastekan script Alexa yang sudah Anda copy ke Gadget. Kemudian klik Simpan.

Gadget Blogspot

Memasang Widget Alexa Pada Blog, untuk para pengguna WordPress.Com

Nah, untuk para pengguna WordPress.Com perlu sedikit kreasi nih. Tahap untuk masuk Alexa sih sama, akan tetapi untuk mendapatkan kode Alexa lumayan perlu perhatian khusus. Tahu sendiri, kan? WordPress.Com tidak support dengan kode JavaScript. Oleh karena itu, Anda perlu memahami beberapa tahapan berikut.

1. Setelah Anda sudah klik Build Widget, seperti tahapan pada WordPress.org, Anda akan melihat tampilan gambar Alexa di samping kanan.
2. Siapkan sebuah postingan baru di WordPress Anda.
3. Pilihlah salah satu tampilan gambar Alexa, kemudian Drag (geser) ke postingan baru Anda dalam mode Visual.

Drag Gambar Alexa
Drag Gambar Alexa

4. Inilah hasil Drag gambar Alexa tadi. Masih di Mode Visual. Gambar Alexa tampak jelas di Mode Visual ini.

Mode Visual
Mode Visual

5. Kemudian Anda beralih pada mode Text. Klik Tab Text, Anda akan menjumpai kode HTML yang sudah siap ditampilkan nantinya. Copy kode HTML tersebut.

Mode Text
Mode Text

6. Masuklahke Dasbor Anda, kemudian ambil Widget Teks, dan pastekan kode tadi di Widget Teks. Klik Simpan.

Widget Teks WP
Widget Teks WP

Anda bisa cek Alexa Widget yang baru saja dibuat dan semoga Alexa sudah tampil. Bagaimana? Cara Memasang Widget Alexa Pada Blog mudah, kan? Silakan dipraktekkan Cara Membuat Alexa Pada Blog masing-masing. Semoga bermanfaat. 🙂

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *