Cara Membuat Toko Online Sendiri Dengan Opencart Bag1

opencart

Dilihat dari segi positif internet , dengan mudahnya akses internet dimana-mana ini memberikan peluang besar untuk berjualan maupun berpromosi . Penjualan secara online berkembang secara pesat , kemajuan yang pesat ini membuat kebutuhan akan adanya website yang bisa menampilkan produk serta mempunyai fasilitas jual beli secara online menjadi  salah satu bagian penting dalam membuka usaha, lalu bagaimana cara membuat toko online sendiri , mari disimak bagian pertama yang saya buat ini , mungkin akan menjadi banyak bagian , karena saya yakin kalau 3-5 bagian saja tidak akan cuku untuk menjelsakan semuanya.

Untuk CMS kali ini saya mencoba dengan Opencart , karena saya pikir bila menyebut Jomlaa , WordPress, atau Blogspot sepertinya sudah sering tergiang ditelinga anda , jadi kali ini saya melakukan test dari instalasi sampai trik-triknya , tapi sebelum saya memulainya , saya jelaskan dulu tutorial ini saya buat seiring saya juga mempelajarinya , saya coba ubek-ubek dan coba memperbaiki error sana sini , jadi bila anda master opencart , bila ada beberapa  kesalahan mohon bantuannya untuk ralat.

persiapan bagian pertama :

  • sebelum saya memulai saya beritahukan dulu , untuk sementara percobaan kali ini saya menggunakan jasa hosting dari Hostinger , hosting dan domain (sub domain) Gratis. Untuk pembelajaran saja , jika dirasa anda sudah cocok dan ingin mencobanya anda bisa memulai dengan hosting dan domain yang miring dulu , baru nanti bila sukses bisa beranjak ke upgrade.

Point-point penting (hiraukan bila anda menggunakan hosting dan domain gratisan)

  • Memilih nama domain : nama domain adalah faktor terpenting dalam anda membuka bisnis toko online , nama domain adalah ibarat merk barang yang anda jual, pilihlah nama domain anda dengan bijak pilih yang pendek mudah diingat, jangan sampai pengunjung lupa situs / website kita karena mereka lupa dengan domain anda karena terlalu panjang atau terlalu rumit untuk dihafalkan. ada beberapa point untuk memilih domain tapi kali ini saya ambil 2 point terpenting yaitu pertama : Keyword (kata kunci) di dalam domain anda , sebuah contoh sederhana saja , anda berjualan sepatu , anda bisa mencoba dengan domain sepatuonline.com atau bisa dengan sepatumurah.com , menggunakan nama barang yang anda jual di dalam domain , sangat memudahkan pelanggan untuk mampir lagi ke blog/situs anda. kedua  Domain Brand atau Merek : Jika anda sudah mempunyai merk barang yang anda jual , megapa anda tidak mencoba Brand atau merk barang anda di domain ada. tapi kelemahannya untuk awalan mesin pencari agak kerepotan untuk index halaman anda, contoh saja sekarang merk yang terkenal adalah bhineka dot com yang berani tampil dengan brand mereka sendiri. tips tambahan : karena kebanyakan sudah terbiasa dengan domain dot com alangkah baiknya anda mencoba dengan domain dot com saja , karena dot com sudah familar ditelenga.
  • Besar Space Hosting : karena saya yakin akan ada banyak gambar dan sedikit ketikan , jadi kemungkinan anda harus benar-benar memikirkan kapasitas dari hosting anda, untuk awalan pemula saya sarankan 300Mb saja.
  • Besar Bandwidth : besar bandwidth dan space hosting beda , kalau besar bandwidth adalah besar trafick pengunjung dari situs anda , lalu space hosting adalah wadah dari foto, file , web , CMS , fll.
  • Memilih Provider : pemilihan Provider adalah salah satu point yag sangat jelas anda lakukan untuk mulai memilah-milah , berikut point-poinya agar anda bisa memahami sedikit. Point pertama : Provider yang paling terkenal , untuk testing anda bisa membukanya lewat google dan cek rutinitasnya . kedua : CS (customer service) , cs harus siap tanggap ketika client dalam masalah, nomor kontak yang bisa dihubungi dengan cepat dan tepat , supaya anda tidak kerepotan bila anda mengalami error atau warning  yang lain.

keterangan :

  • sementara saya pilih ini dulu , nanti lanjut ke part 2 silahkan ditunggu 😀

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *