Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog

blogspotSahabat Belajar IT. Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog – Banyak manfaat dan kebahagiaan, ketika saya memutuskan untuk masuk dunia Blogging. Bisa sharing pengalaman, pengetahuan, atau sekedar berbagi cerita dengan teman-teman Blogger lainnya atau kepada pembaca (Non Blogger).

Taman-teman tahu, kan? Jika kita telah publish artikel melalui media Blog, maka artikel tersebut akan terrekam oleh mesin pencari. Dan, mesin pencari ini lah yang membantu web blog mendapatkan banyak pengunjung.

Terkait dengan pengunjung, selain pengunjung rutin yaitu dari teman-teman Blogger sendiri, ada juga pengunjung tidak rutin. Pengunjung tidak rutin yang saya maksud yaitu pengunjung yang datangnya tidak mesti. Ia datang karena sedang mencari sebuah informasi atau referensi.

Pengunjung yang datang melalui mesin pencari, seperti Google, Yahoo, Ask, biasanya lebih banyak dibanding dengan pengunjung rutin.  Dan, mesin pencari lah yang menjadi salah satu pemicu view atau pengunjung Blog kita bertambah tiap harinya.

Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog

Jika pengunjung Blog tiap harinya bertambah, pingin dong sesekali melihat berapa banyak pengunjung blog kita. Karena, biasanya kalau view per harinya banyak, semangat ngeBlog juga makin semangat. :mrgreen:  Untuk melihat jumlah visitor di blog kita, saya cukup mengandalkan dua alat. Yaitu Google Analytics dan Histats. Berikut saya share Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog menggunakan dua alat tersebut.

1. Google Analytics

Teman-teman sudah tahu tentang Google Analytics, kan? Google Analytics adalahlayanan gratis dari Google yang bisa menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web, baik situs kecil maupun besar. Ada banyak kelebihan pada tools ini. Anda bisa melihat secara detail jumlah pengunjung pada menu ikhtisar, yang bisa diklasifikasikan berdasarkan prosentase sesi terbaru, durasi sesi Rta, page view halaman, dll.

Untuk bisa mendapat fasilitas lengkap Analytics, Anda harus sign up www.google.com/analytics/ terlebih dahulu, ya. Dan, jangan lupa daftarkan web Anda di Analytics dan pasang Analytucs di web Anda. Berikut saya sertakan tampilan Google Analytics secara sederhana.

CARA MENGETAHUI JUMLAH VISITOR BLOG
Tampilan page view google analytics

2. Histats

Ada satu alat lagi yang bisa digunakan untuk melihat atau mengetahui jumlah pengunjung Blog kita. Yaitu Histats. Histats adalah situs web yang bisa dimanfaatkan untuk cek jumlah pengunjung. Penyajian informasi situs ini hampir sama dengan Google Analytics. Hanya saja, ada keunggulan lain yang tidak bisa didapatkan di Google Analytics. Yaitu, bisa melihat berapa banyak orang yang sedang online atau mengunjungi blog kita pada saat itu. Histats menyebutnya User Online.

CARA MENGETAHUI JUMLAH VISITOR BLOG HITSTATS
Tampilan page vies histats

Apakah teman-teman sudah mempunyai akun histats? Jika sudah, jangan lupa pasang kode histats di widget Blog. Kode yang dimaksud adalah kode setelah Anda memilih jenis tampilan histats yang akan dipasang. Ya, ini juga kelebihan lainnya dari histats. Ada visualisasi yang bisa dilihat oleh pengunjung. Menarik, bukan?

Kedua tools di atas saya gunakan silih berganti. Sesuai kebutuhan. Finally, seperti itulah Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog. Kalau teman-teman menggunakan tools apa untuk melihat pengunjung Bloh? Share dong. . .

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *