Cara Pasang Kode Google Analytics WordPress.Org

WORDPRESSSahabat Belajar IT, Cara Pasang Kode Google Analytics yang akan Saya share di sini khusus untuk Blog berplatform WordPress. Org. Sebelum Anda memasang script Google Analytics, pastikan Anda telah membuat akun Google Analitycs.

Sudahkah Anda tahu fungsi dari Google Analytics bagi sebuah Blog?Fungsi dari Google Analitycs yaitu untuk memberikan laporan terkait pengunjung blog secara detail dan berkala (tiap detik). Saya yakin, laporan dari google analitycs sangat diperlukan oleh Anda, seorang Blogger. Lalu, laporan apa saja yang bisa didapat dari Google Analitycs?. Melalui menu AudienceVisitors Flow, Anda bisa memperoleh antara lain:

1. Laporan jumlah visitors, baik visitors yang berkunjung pada sebuah artikel maupun secara keseluruhan.

2. Mendapat informasi tentang artikel yang paling banyak dicari oleh pengunjung.

3.  Mengetahui Browser dan OS yang digunakan visitors.

4. Mengetahu rata-rata durasi berkunjung, dan masih banyak lagi laporan yang disajikan oleh Google Analitycs.

Ada bebearapa cara pasang kode Google Analitycs pada WordPress.Org. Diantaranya, ada yang menggunakan Plugin  dan Menyisipkan kode pada Editor wordpress. Selain ke dua cara, ada juga Theme yang menyediakan tempat khusus untuk memasang kode google analitycs.

Nah, sekarang saatnya memasang kode Google Analytics pada Blog Anda menggunakan cara menyisipkan kode atau script pada sub menu editor wordpress. Berikut langkah-langkah Cara Pasang Kode Google Analytic Pada WordPress. Org.

1. Silakan ambil atau copy kode script yang terdapat pada Akun Google Analytic Anda.

2. Anda masuk Dashboard WordPress. Org. Lalu pilih menu AppearanceEditor.

3. Pilih footer.php, yang ada pada sidebar kanan Editor. Lalu, Paste kode google analytics Anda tepat diatas tag </body>. Jangan lupa klik tombol save atau update file supaya kode google analitycs tersimpan. Lebih jelasnya, Anda bisa melihat screenshot di bawah ini.

CARA PASANG KODE GOOGLE ANALYTIC
cara pasang kode google analitycs

Screenshot Cara Pasang Kode Google Analytics jelas, kan?. Semoga postingan ini bisa membantu Anda yang baru mempunyai Blog berplatform wordpress. org. :mrgreen:

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *