Menambahkan Situs di Google Webmaster Tools

blogger-to-wordpressSahabat Belajar IT – Saya mulai sering lupa langkah demi langkah untuk “mengeksiskan” Blog di mesin pencari. Entah karena faktor usia :mrgreen:, atau dikarenakan cukup banyak langkah yang ditempuh agar blog bisa eksis di Google.

Apalagi, saat ini saya sedang membantu membuatkan blog baru untuk teman, dan saudara. Meski blognya hanya untuk menulis catatan harian, tapi tidak ada salahnya untuk memberi optimasi pada blog tersebut. Oleh sebab itu, saya akan menulis hal-hal yang menurut saya penting dilakukan untuk sebentuk blog yang baru dibuat. Langkah-langkahnya saya tulis secara acak. Karena, ini sebagai dokumentasi semata. Untuk menanggulangi sifat pelupa.

Pertama saya mau mendokumentasikan tentang Google Webmaster Tools. Adalah sebentuk alat yang disediakan oleh Google yang bisa digunakan oleh para pemilik blog. Alat ini membantu agar website atau blog kamu terus dipantau secara maksimal oleh Google. Selain itu, kamu juga bisa menerima informasi detil terkait blog kamu melalui dashboard webmaster tools. Sebelum mendapat laporannya, kamu perlu menambahkan situs kamu di google webmaster tools.

Langsung saja, berikut langkah-langkah untuk menambahkan situs di Google Webmaster Tools:

  1. Kamu terlebih dahalu login ke Google Webmaster Tools. Kalau belum mempunyai akun, berarti kamu harus daftar terlebih dahulu. Buka link ini https://www.google.com/webmasters/.
  2. Lihat pada pojok kanan atas. Ada kotak merah bertuliskan tambahkan situs atau add site, bagi yang menggunakan bahasa inggris untuk tampilannya.
  3. Selanjutnya, silakan isi nama situs kamu pada kolom yang telah disediakan. Contoh: www.belajaritsaja.com. Jangan lupa klik OK.

Nah, setelah situs berhasil ditambahkan, nanti kamu akan diarahkan pada tahap berikutnya. Yaitu memverifikasi kepemilikan situs yang sudah kamu daftarkan. Insya Allah akan saya tulis pada postingan berikutnya.

Menambahkan situs atau halaman blog kamu di google webmaster tools ini sangat dianjurkan. Sebab, hal ini bisa membantu blog kamu lebih cepat terindex oleh Google.

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *