Mengaktifkan Plugin Copy Paste JCWP

WORDPRESSHolahop Sahabat Belajar IT. Mengaktifkan Plugin Copy Paste JCWPAntara penting dan gak penting mengaktifkan salah satu plugin yang berfungsi untuk proteksi konten Blog. Saya mengatakan demikian, karena pada dasarnya ketika Blogger share informasi melalui media Blog, artinya mereka telah ikhlas berbagi, ya.

Namun, kenyataannya sekarang bukan pada ikhlas saja. Terkadang ada rasa snewen ketika artikel yang sudah dishare, kemudian di reshare oleh orang lain tanpa mencantumkan sumber. Atau, dikutip orang lain tanpa mencantumkan sumbernya juga.

Dan, saya sering mengalami dua hal di atas. Ikhlas? Awalnya ikhlas, hanya beberapa artikel yang dicomot. Tapi, lama-lama rada snewen. :mrgreen:

Mengaktifkan Plugin Copy Paste JCWP

Berangkat dari rasa snewen yang kadang berlebihan, akhirnya saya memutuskan untuk mengaktifkan plugin copy paste protection pada blog idahceris.com. Perlu Anda ketahui, plugin ini hanya ada di platform wordpress.org. Anda tahu sendiri keunggulan wordpress dibandingkan platform lainnya, kan? Salah satunya yaitu menyediakan bermacam plugin yang sangat dibutuhkan oleh para Blogger.

Dan, plugin yang saya gunakan untuk mengamankn konten, yaitu plugin jcwp copy paste blocker. Lebih detailnya, saya sertakan cara install plugin copy paste protection.

Terlebih dahulu masuk dashboard blog Anda. Lalu, pada dashboard, Anda memilih menu Plugin. Kemudian, dilanjutkan untuk klik main menu Add New untuk mulai melakukan pencarian plugin tersebut. Lakukan pencarian dengan kata kunci plugin copy paste. Nantinya akan keluar banyak pilihan untuk plugin copy paste protection. Anda bisa memilih jcwp copy paste blocker dengan klik install

Mengapa saya memilih plugin tersebut? Pertama, saya melihat dari ratingnya. Kedua, ketika melihat plugin ini, sudah langsung klik install saja. Dan, setelah menginstallnya, saya merasa cocok dengan plugin ini. So, berarti intinya cocok, ya. :mrgreen:

Plugin ini belum berfungsi secara maksimal jika Anda belum melakukan pengaturan. Oleh karena itu, Anda harus melakukan setting plugin terlebih dahulu. Untuk melakukan setting pun sangat mudah. Anda cukup masuk Dashboard– klik menu Setting – lalu pilih jcwp copy paste blocker. Lebih jelasnya, saya sertakan pengaturan pluginnya.

Mengaktifkan Plugin Copy Paste

Berikut pengaturan plugin jcwp copy paste blocker yaitu:

  • Disable Content Selection. Anda harus memilih YES. Pengaturan ini paling penting. Dari pengaturan inilah, konten di blog Anda tidak bisa dicopy.
  • Use CSS to disable text selection. Anda harus memilih YES. Pengaturan ini satu paket dengan disable conten selection. Harus diaktifkan semuanya.
  • Disable Ctrl+A, Ctrl+C dan Ctrl+S.Kalau yang ini sesuai kebijakan Anda. Pernahkah melihat blog yang sudah di proteksi, tapi masih bisa di copy kontennya? Yaitu, dengan cara melakukan perintah pendek menggunakan keyboard. Pengaturan ini berguna untuk disable perintah select all, copy dan save page menggunakan keyboard.
  • Disable right mouse click. Ini sangat kompleks. Terkadang, ada beberapa teman yang melakukan right mouse click, tapi bukan untuk mengcopy konten. Melainkan untuk membuka link hidup atau memperjelas gambar. Jadi, untuk pengaturan ini, saya sarankan Anda memilih NO. Dengan alasan sudah saya perjelas di atas, ya. Yaitu, maksud klik kanan pada pembaca sangat berragam.
  • Protect. YES. Adalah sebuah pengaturan, bagian mana saja yang akan diamankan. Terdapat empat pilihan bagian yang bisa diamankan. Adalah; Post, Pages, Post and Pages serta Post, Pages dan Home Page. Anda bisa memilih bagaian mana saja yang akan diprotect.
  • Enable Alert Message. Anda bisa centang atau memilih YES. Hal ini terkait dengan pengaturan berikutnya.
  • Alert Message. Tulisan atau message box yang akan tampil, ketika ada pembaca yang melakukan copy paste. Bisa memilih YES. Dan, Anda bisa mengisi message box dengan kalimat sesuai dengan keinginan.

Pengaturan di atas  sesuai dengan keinginan saya lho, ya. Dan Anda bisa mengubahnya sesuai dengan kebutuhan. Saya belum pernah mencoba plugin copy paste lainnya, sih. Jadi, saya tidak bisa membandingkan.

Oya, Anda bisa juga mengaktifkan proteksi dengan cara manual atau menyisipkan script pada blog Anda. Demikian cara Mengaktifkan Plugin Copy Paste JCWP. Semoga bermanfaat.

Loading…

>>

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *