Tips Untuk Tetap Eksis Blogging

Sahabat Belajat IT. Tips Untuk Tetap Eksis Blogging saya share di  sini sebagai tips singkat. Sebelumnya saya mau menyapa sahabat Belajar IT dimanapun berada. Tak elok menelantarkan Blog lama-lama, bisa jadi jauh dari kata eksis. Sebenarnya tidak menelantarkan sih, hanya saja kemarin ada sedikit masalah pada Blog. Kendala semacam ini pun menyebabkan Belajar IT kalah eksis dengan Langkah Catatanku. Alhamdulillaah, dengan bantuan beberapa sahabat Blogger, hari ini Belajar IT bisa eksis kembali.

Ketika buka dashboard ini, saya langsung melihat jumlah posting. Takut, kali saja ada yang hilang postingannya. :mrgreen: Kemudian, melihat statistik pengunjung. Kaget, Belajar IT yang hanya beberapa hari error, statistik langsung turun 80%. Salut sekali sama Blogger yang selalu eksis mengurus Blognya, apalagi sampai tulisan-tulisannya nyaris sempurna nangkring di page one search engine. Ngomong apa ini, ya. Tapi eksis di mata Mbah Google penting juga kan, ya?

Kemudian setelah ndongeng, saya akan berbagi satu Tips Untuk Tetap Eksis Blogging. Cukup satu dan semoga bisa istiqomah. :mrgreen: Adalah buatlah PhotoBlog. Apakah ini termasuk tips aneh atau bahkan konyol? :mrgreen: Jawabannya “TIDAK”. #MenurutSayaLho

PhotoBlog yang saya maksud di sini tidak spesialis. Harusnya sih spesial, ya. Sesuai dengan kategori. Seperti yang kita ketahui, singkat arti PhotoBlog yaitu Blog yang hanya menyajikan atau berisi Foto. Bisa satu foto atau beberapa foto dalam satu postingan. Ini sih saya bangettts, ya. :mrgreen: Namun, bisa jadi Blog yang Anda kelola sehari-hari (non PhotoBlog), sesekali atau bahkan sering memposting foto. Mengisi beberapai foto dan kemudian dikuti sedikit keterangan untuk mengeksiskan Blog. Semacam WPC.

Hemat saya seperti itu, ini bukan pemaksaan koq. Daripada Blog yang kita kelola sering absen, dikosongkan atau ditelantarakn karena si empunya banyak pekerjaan, ada baiknya memasang Foto. Jika memang sibuknya tidak tertolong, disaat sedang sela Anda bisa upload foto, share kegiatan yang sedang dikerjakan, menulis sedikitlah, kemudian memanfaatakan fasilitas sistem schedule yang disediakan pada setting publish  Blog.

NotePad Installer

PhotoBlog ini sebenarnya banyak manfaatnya. Untuk saya pribadi, selain untuk menyalurkan hobi ASPRET (Asal Jepret), saya juga memanfaatkan PhotoBlog sebagai Dummy Blog. Tahu Dummy Blog, kan? Kalau saya baru tahu kemarin sore. :mrgreen: Yakni semacam Blog yang dibuat untuk memperkuat artikel pada Blog utama atau untuk mendukung Blog utama yang kita kelola. Tentunya isi Blog saling terkait dan relevan. Percayalah, foto itu bisa bercerita. 🙂

Selain hal di atas, Anda juga bisa menanamkan backlink anchor text pada Dummy Blog. Kalau menggunakan cara satu ini, yaitu PhotoBlog, Anda bisa dobel eksis. Pertama, eksis update. Meski hanya mengunggah satu foto dan diikuti satu baris keterangan foto. Kedua, eksis optimasi SEO. Ini bagi yang perhatian dengan Optimasi SEO lho.

Ini pengalaman saya supaya tetap eksis ngeBlog, mengantisipasi dengan PhotoBlog. Bagi saya Tips Untuk Tetap Eksis Blogging dengan cara membuat PhotoBlog ini menjadi alternatif untuk para Blogger yang mungkin banyak rutinitas dan tidak mempunyai banyak waktu untuk menulis, apalagi bercerita banyak.

Apakah Anda sudah mempunyai PhotoBlog? Kalau saya sudah. Jika berkenan, silakan lihat koleksi ASPRET saya di Galeri Idah. PhotoBlog Galeri Idah terkadang saya jadikan sebagai Dummy Blog Langkah Baruku juga.  Mari, tetapberusaha untuk eksis Blogging. ^_*

Cerita ini diikutsertakan dalam 2nd Give Away Ikakoentjoro’s Blog

8 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *