Tips Mendirikan Usaha Kuliner Online

kuliner online

Seiring dari berjalannya waktu ke waktu , berjualan online sekarang sudah tidak asing lagi dimata masyarakat , barang apapun dan jasa apapun bisa di jual online , dari baju, makanan , sampai jasa sewa pacar juga ada. lalu bagaimana kita tidak mencoba saja untuk jualan barang atau jasa via online 😀

Untuk jualan online seperti baju , jasa menurut saya sudah banyak , bagaimana kalau mendirikan usaha kuliner online , terlihat tantangan besar didepan mata, karena apa! , ketika anda mencoba untuk membuka / jualan makanan online , tantangan terbesarnya adalah konsumen tidak bisa menikmati bau makanan, dan mecicipi makanan tersebut. Lalu apakah anda menyerah untuk level tantangan pertama , kalau anda belum menyerah dan bersemangat untuk mencobanya kali ini , Blog ini akan memberikan tips mendirikan usaha kuliner online :

nasi goreng

Tips Mendirikan Usaha Kuliner Online :

  1. Merk & Menu :Merk = Sebelum anda berjualan tentukan Merk dan hak cipta dari barang yang anda jual, buatlah merk unik, bagus dan gampang diingat , sekalian persiapkan logo untuk usaha anda . menu = dari berbagai menu yang nantinya anda tampilkan pasti ada satu maskot atau satu makanan yang akan paling anda tonjolkan , jadi tentukan menu utama di usaha kuliner anda, sekalian jelaskan secara detail di setiap makanan yang akan anda jual. Jangan membuat detail makanan yang biasa-biasa saja , usahakan semenarik mungkin untuk menarik dan membuat pembacanya ingin mencicipi kuliner itu . Jika anda juga merasa kesusahan untuk desain sendiri Merk anda anda juga bisa membayar jasa orang lain untuk membuatkan Merk anda secara pribadi.
  2. Website, Contact& Social Media :Membuat website/situs/blog adalah faktor utama dalam anda berjualan , jadi jika pembeli ingin mencari dan melihat produk atau makanan baru pembeli tinggal berkunjung di situs anda , pembuatan social media seperti facebook dan twitter pastingan nanti akan sangat dibutuhkan untuk promosi. Kontak seperti BBM dan WA atau media chat lainya harus anda miliki untuk berhubungan dengan konsumen secara cepat. Jika anda belum begitu mengerti tentang pembuatan websitenya anda bisa membayar jasa orang untuk membuatkannya , tapi usahakan pembuatannya jangan terlalu mahal untuk awal mula dagang , tips dari saya bisa anda akali dengan blog atau hosting gratis , tapi domain bayar sendiri , jadi tidak butuh uang banyak untuk beli hosting .
  3. Jaga Kepercayaan, Kesan & Pelayanan : Kepercayaan = konsumen adalah nomor satu , walaupun konsumen tidak bisa mencicipi makanan anda , jangan biarkan konsumen sampai kecewa dengan makanan yang anda jual. Kesan = berikan kesan pertama yang menarik dan menggoda pembeli untuk mencicipi makanan tersebut, bisa di wujudkan dari wadah atau tempat yang manarik dan penataan makanan yang cantik. Pelayanan = Senyum-senyum usahakan berikan pelayanan yang maksimal , dan selalu online dijam kerja anda. Usahakan konsumen atau pembeli puas dengan pelayanan anda , walaupun ujung-ujungnya konsumen tersebut cuman tanya-tanya dan akhirnya tidak membeli makanan anda .
  4. Garansi Pengiriman : yang terakhir berikan jaminan pada barang yang rusak dan keterlambatan pengiriman. Selalu utamakan konsumen , segalak-galaknya konsumen atau pembeli anda tidak boleh membalasnya dengan kemarahan juga , awali saja dengan senyuman untuk mendapatkan image yang baik dimata pelanggan.

Nb :

  • cari inovasi baru dari resep-resep, dan strategi dalam penjualan kuliner anda , anda juga harus melihat apa yang sekarang diinginkan masyarakat dan anda harus melihat kemampuan beli dari masyrakat. Sekali lagi selamat mencoba tantangan baru 😀
  • Desain secantik mungkin sebelum anda melakukan foto sesi makanan anda .
3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *