Cara Mudah Clear Cache Di Android

LOGO ANDROIDSahabat Belajar IT, Cara Mudah Clear Cache Di Android– Pada postingan Mengapa Android Sering Hang, ada satu tips tertulis “lakukan clear cache pada smartphone”. Nah, kali ini, saya akan sharing caranya.

Saya yakin, Anda sudah paham apa itu Tembolok atau yang biasa disebut dengan Cache. Singkat arti yang saya sadur dari wikipedia, adalah mekanisme penyimpanan data sekunder pada sebuah apllikasi. Penyimpanan data di sini tergolong pada penyimpanan data sekunder.

Istilah Clear Cache atau Clear History sering kita dengar pada aplikasi browser. Mozila Firefox, misalnya. Ini bermaksud untuk menghapus seluruh riwayat browsing yang telah dilakukan oleh user pada browsernya. Dan, ini mempunyai manfaat, supaya kinerja browser makin cepat.

Sebelum melakukan Clear Cache pada browser, biasanya terdapat pilihan waktu. Akan melakukan Clear Cache data yang telah diakses per hari ini (today), dua jam terakhir atau semuanya. Berbeda dengan di Android.

Cara Mudah Clear Cache Di Android, khususnya Android yang saya punya tidak ada fitur pilihan waktu. Bisa dibilang Clear Cache-nya grentongan atau tergolong semuanya. Clear Cache yang saya maksud di sini tidak hanya Clear Cache pada aplikasi browser di android, namun Clear Cache semua aplikasi yang telah dijalankan under Android. Membersihkan riwayat aplikasi yang telah berjalan secara sekaligus.

 Cara Mudah Clear Cache Di Android

 Terdapat dua cara Clear Cache di Android. Pertama menggunakan bantuan software. Pada cara ini, Anda harus download apllikasi yang akan digunakan untuk Cache . History Eraser, misalnya. Kelebihan dari aplikasi ini, Anda bisa memilih mana saja yang akan dibersihkan. Termsuk Panggilan dan Pesan bisa di Clear menggunakan aplikasi ini.

Dan, yang ke dua menggunakan cara manual. Cara ini sering saya gunakan, karena saya tidak install aplikasi Cache .

Langkah-langkah untuk melakukan Clear Cache Di Android, Anda bisa masuk menu Pengaturan pada Android Anda. Setelah itu, Anda bisa pilih menu More dan pilih Storage. Setelahnya, Anda menunggu sejenak, karena sistem akan melakukan kalkulasi penyimpanan yang akan dihapus. Khususnya, aplikasi yang saat itu sedang Running.

CLEAR CHACE
Perhatikan yang dilingkari. . .

Setelah muncul jumlah space atau kalkulasi, barulah Anda bisa melakukan Clear Cache di Android Anda dengan cara pilih Cached Data. Akan tampil pesan dialog, This will clear Cached data for all apps? Anda bisa memilih OK untuk melanjutkan cache.

Apakah setelah ini ada intruksi lain? Tidak ada. Tapi, ada baiknya Anda melakukan restart Androin Anda supaya rasa ringan pada Android makin terasa.

Cara Mudah Clear Cache Di Android ini direkomendasikan untuk Android versi 4.0 ke atas. Semoga bermanfaat dan Salam Senyuum. . . ^_*

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *