Cara Partisi SDcard Link2SD di Android kamu

Cara partisi SDcard Link2SD di android kamu – Tutorial ini adalah tutorial yang sengaja saya buat sebelum saya membuat tutor tentang aplikasi Link2SD , Link2SD adalah aplikasi untuk memindahkan sebagian file. data aplikasi  atau yang laiinya ke SD card, aplikasi ini sangat dibutuhkan untuk melegakan kapasitas RAM , dan Internal Storage , karena menggunakan aplikasi ini anda harus membuat partisi dulu , jadi sebelum saya memberikan tutorial untuk menggunakan Link2SD saya akan mengajarkan dahulu caranya partisi SD card anda untuk digunakan aplikasi Link2SD tersebut.

Link2SD membutuhkan partisi baru , sebagai contoh saja , saya mempunyai ponsel dengan SDcard sebesar 8GB , saya membuat saya membaginya menjadi 2 partisi , partisi pertama 5GB dan partisi kedua 3GB , 5GB partisi awal saya gunakan untuk penyimpanan data , dan 3Gb saya gunakan untuk aplikasi Link2SD tersebut untuk wadah data aplikasi yang berada di RAM dan Internal storage. Begitu contoh sederhananya.

Lalu bagimana membuat partisinya / cara membaginya ? , mari kita belajar bersama-sama , kali saya membuat partisinya di laptop bukan di ponsel saya , saya menggunakan software partition wizard , Minitool Partition Wizard Tool (free) caranya sangat mudah , dan gampang dibanding dengan anda melakukannya di ponsel . Lanjut ke tutorial cara membuat partisi :

partition wizard

  1. Sebelum anda memulai sebaiknya backup data ponsel dan data SD card anda , untuk menghindari kerusakan pada sistem anda.
  2. Format SD card anda
  3. Download ,instal dan jalankan aplikasi Minitool Partition Wizard Tool
  4. Colok atau pasangkan SDcard anda di komputer menggunakan Cardrider ataupun bisa dengan USB di ponsel anda.
  5. Buka Partition Wizard cek apakah sudah terdeteksi belum SD card anda.
  6. Klik SD card anda >Kklik menu diatas . Moze/Rezise>jika SD card anda 8GB ,bagi menjadi 2 bagian terserah ukurannya sesuai agan ,punya saya 5GB dan 3GB.
  7. Rezise pertama adalah anda membuat partisi pertama yang baru, masukkan 5GB dan set ke Primary
  8. Jika Rezise selesai nanti ada sisa kosong (unlocated) satu , nah itu adalah tempat untuk Link2SD
  9. klik Unlocated tadi>Create>muncul warning tekan “yes”>setting default semua kecuali di : Create AS dan File System , untuk Create As dan File system , isi Create as dengan “Primary” dan dan file system rubah ke FAT32.
  10. Pastikan dulu jumlah partisi dan besar partisi , jiga dirasa semua cocok , tinggal klik Aplly di pojok kiriatas.
  11. tunggu selesai , sebaiknay jika menggunakan aplikasi ini , harap menutup semua aplikasi yang anda , untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

tambahan :

  • mengapa file sistem tidak NTFS , ext2 dll : saya menggunakan FAT32 karena yang paling lancar ini 😀
  • jangan berani-berani untuk moving satu aplikasi ke SD card , karena sebenarnya fungsi aplikasi ini adalah untuk mengunargi beban RAM dan internal storage, agar RAM lega.
  • untuk tutorial Link2SD lanjut besok

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *