Ini Ladang Saya

Sahabat Belajar IT. Hari ini saya akan berbagi cerita, dimana endingnya saya manfaatkan untuk sebuah kuis. Silakan dibaca dengan hati-hati dan senyum lebar.

Ini Ladang saya, tempat mencari mencari nafkah, mendapatkan uang, rejeki saya dari sini. Teriak Rio kepada beberapa temannya yang juga satu profesi dengannnya. Sebenarnya ladang ini bukan miliknya seorang, akan tetapi, ia sering mengasumsikan demikian.

Rio adalah seorang guru di salah satu Sekolah Swasta di Jakarta. Dia mengampu mata pelajaran TIK. Dia hampir 15 tahun mengabdi di Sekoah ini, patut saja jika beberapa temannya. Apalagi jika orang baru datang, sudah pasti mereka tidak berani menolak perintahnya.

Zidni adalah sahabat dekat Rio. Dia mencoba berbagi pengalaman selama bersahabat dengannya, berbagi cerita mengenai pribadi Rio kepada kami, yang juga mempunyai hak atas ladang tersebut. Rio, dia adalah pribadi yang baik, namun ia sangat pandai berhitung. Termasuk menghitung berapa uang yang harus ia terima, ketika ia berhasil membersihkan ladangnya”.

Ini Ladang Saya
Sumber Gambar

Serontak semua yang mendengarkan cerita dari Zidni kaget. Tentu saja Zidni tidak ada maksud menjelekkan Rio, ia hanya sekedar berbagi cerita, supaya sahabat yang lain tidak heran ketika Rio bertingkah seperti itu.

Posisi seorang Rio, sang pemilik ladang, hampir sama dengan posisi seorang buruh tani. Di mana seorang buruh tani akan menjaga dan merawat sawahnya dengan baik. Buruh sawah biasanya akan mendapatkan sepertiga atau seperempat dari hasil bumi yang dipanen. Begitu juga dengan Rio, Rio juga akan mendapatkan upah yang sesuai standard dari Sekolah, sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati masing-masing pihak.

Ini Ladang saya, saya di sini seorang guru. Tugas seorang guru adalah mengajar. Jadi, jika ada barang yang hilang, kerusakan, ruang kotor dan manintenance, itu bukan tanggungjawab saya. Kalaupun saya ditugaskan untuk maintenance, harus ada upah tersendiri, diluar upah wajib”. Jelas Rio kepada beberapa sahabatnya dan Bapak Kepala Sekolah di sebuah ladang.

PERTANYAAN:

Selang beberapa minggu, kira-kira apa yang terjadi di ladang tersebut? Apakah Bapak Kepala Sekolah bangga terhadap anak buahnya yang seperti Rio?

Silakan Anda mengamati cerita di atas, kemudian dianalisis menggunakan hati nurani masing-masing. Saya yakin, setiap pribadi mempunyai penilaian dan pandangan tesendiri dalam menyikapi dan menganalisa sebuah cerita.

Tulis jawaban Anda pada kolom komentar di bawah. Akan dipilih empat jawaban, yang “setidaknya” mendekati jawaban sesungguhnya dari Bapak Kepala Sekolah. Komentar yang mengandung unsur “jawaban” akan dikarantina terlebih dahulu oleh Bapak Kepala Sekolah. 😛 Ada hadiah kecil untuk Anda:

  • Sebuah Buku Manusia Kaya Arti
  • Pulsa 20k
  • Pulsa 10k
  • Pulsa 5k

 

Persyaratan :

  • Boleh diikuti siapa saja 
  • Like fanpage Belajat IT
  • Jawaban di tunggu mulai detik ini

Selamat menganalisa dan menjawab dengan “HATI”. Saya tunggu jawaban Anda sampai hari Minggu, Pukul. 18.00 WIB.  ^_*

Sponsor by:

43 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *