Yang Perlu Kamu Lakukan Saat Internetan Via WIFI

CAPTURE MyTelkomsel
CAPTURE MyTelkomsel

Berikut adalah – Hal yang perlu kamu lakukan saat internetan via WIFI – . Dengan adanya Wifi di berbagai tempat , terutama di daerah perkotaan membuat anda harus benar-benar memperhatikan mana wifi yang aman atau tidak , karena anda tidak akan mengira bila tiba-tiba salah satu akun anda sudah berada di tangan orang lain , lalu bagaimana cara anda menyiasatinya , apa saja yang perlu anda lakukan dan apa saja yang perlu anda perhatikan saat anda berinternetan via Wifi , Tips yang saya buat ini tidak untuk wifi gratis saja , wifi berbayar seperti wifi.id atau wifi di cafe pun anda harus menerapkannya.

Tidak hanya di Cafe, Hotel, Restoran , Coffe Shop saja , bahkan Angkringan saja sudah menerapkan pemasangan Wifi untuk membuat betah para pelangganya , sebagian tempat tersebut memberikan password dan sebagiannya memberikannya secara free/gratis untuk pelanggannya, nah dengan banyaknya lokasi Wifi yang tersebar dan banyaknya aktifitas internetan dengan menggunakan Wifi ini membuat para hacker mulai mencari celah untuk dapat membobol akun anda , bisa dengan memberikan sinyal Wifi palsu atau dengan cara lainya.

Berikut Hal yang perlu anda lakukan :

  1. OFF : Matikan Setting Wifi anda bila anda tidak sedang menggunakkannya , selain menghemat betarai ponsel anda , cara ini juga bisa menghindari pelacakan ponsel anda pribadi .
  2. Anti Virus (AV) :Pertama yang harus anda lakukan adalah gunakan Antivirus Internet Security , seperti Kaspersky Internet Security (KIS) atau bisa menggunakan Antivirus laiinya seperti Avast Internet Securiry maupun AVG. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan anda saat berinternet, memberikan notifikasi bila anda berada di jaringan yang tidak aman serta mencegah dari bocornya password akun-akun penting anda.
  3. VPN (Virtual Private Network) : VPN membuat anda serasa berinternet di lokasi lain , biasanya disediakan beberapa negara pilihan, VPN memberikan keuntungan yaitu : membuka situs yang di blokir di negara tertentu , contoh saja konten porno di blokir internet positif , dan situs manga/komik juga diblokir , nah itu salah satu keuntungan dari VPN. VPN juga bisa mengamankan data anda dan tentu pula hacker lebih sulit untuk melacak dan membobol akun anda karena VPN mengenkripsi data yang anda kirimkan.
  4. Tidak untuk akun penting : Jangan sampai saat anda menggunakan wifi gratis , anda sedang melakukan transaksi , atau sedang login akun internet banking , dompet BTC , Paypal maupun akun perbankan , usahakan jangan lakukan hal tersebut, lebih baik anda melakukannya dengan seluler anda sendiri.
  5. HTTPS : beberapa situs sudah menunjang https. seperti : Google, Facebook, Wikipedia, Tokopedia, bila memungkinkan cari atau browsing di situs yang sudah https , untuk keamanan anda.

nb :

  • anda dapat menggunakan VPN berbayar atau trial seperti : tunnel bear , atau hotspot shiled
  • jika anda menggunakan Antivirus gratis , anda bisa menyandingkannya dengan beberapa antivirus , contoh : smadav (local) + Avast / AVG (AV) + malwarebytes (anti malware)
  • semoga bermanfaat.
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *