Langkah Pendaftaran Akun Pajak Online

Langkah Pendaftaran Akun Pajak OnlineSahabat Belajar IT. Langkah Pendaftaran Akun Pajak Online sangat diperlukan ketika Anda akan mulai melakukan pembayaran pajak secara online.

Pernah saya menulis tentang membayar pajak secara online, silakan Anda bisa membacanya terlebih dahulu. Pendaftaran akun yang saya maksud yaitu bahwa sebelum melakukan pembayaran pajak secara online, Anda harus membuat akun terlebih dahulu.

Sebelum Anda melakukan pendaftaran atau registrasi untuk melakukan pembayaran pajak secara online, pastikan Anda terhubung dengan internet dan mempunyai akun email.

Internet, bagaimana Anda bisa melakukan registrasi online jika tidak ada internet, ya. :mrgreen: Kemudian, E-mail. Dalam tahap registrasi, email diperlukan karena pada saat input nomor wajib pajak, Anda juga diharuskan memasukkan email guna aktivasi akun.

Langkah Pendaftaran Akun Pajak Online

Nah, berikut langkah-langkah pendaftaran pajak secara online:

  1. Buka situs http://ssereg.pajak.go.id/. Isikan NPWP Anda. Jika NPWP Anda benar, serta sudah ada di database Pajak, maka pada form isian nama akan otomatis keluar nama Anda. Selanjutnha, Anda memasukkan alamat email Anda. Karena pendaftaran ini berlaku hanya bisa dilakukan sekali dalam seumur hidup, maka jika ada kesalahan pada penulisan e-mail, Anda tidak bisa melanjutkan pendaftaran ke tahap berikutnya. Karena, aktivasi akun akan masuk pada email Anda. Berikutnya, Anda bisa mengisi User ID sesuai keinginan dan juga inputkan kode yang tertera pada layar. Untuk melanjutkan proses, klik Register.
  2. Koneksi jaringan diusahakan stabil, ya. Jika data berhasil direkam oleh system billing, maka segeralah cek e-mail Anda. Email yang terkait aktivasi akun biasanya masuk SPAM. Jadi, Anda perlu cek spam juga, ya. Anda bisa melakukan aktivasi akun dengan cara klik link aktivasi yang tercantum pada badan e-mail. Pada e-mail juga disertakan User ID dan Password untuk bisa masuk system billing.
  3. Silakan masukkan kode aktivasi yang ada dibawah link aktivasi akun. Apabila aktivasi telah berhasil, Anda bisa masuk akun Anda melalui http://sse.pajak.go.id/index.aspx. Silakan Anda log in kembali menggunakan User ID dan Password yang sudah disertakan pada email.
MEMBUAT AKUN PAJAK ONLINE copy
Isi sesuai data pada NPWP. . .

Pada panduan manual dijelaskan, bahwa untuk sementara baru biller pajak dan PNBP yang dapat diakses secara umum oleh wajib setor. Sedangkan untuk system billing Bea dan Cukai, karena lingkup Cukai tembakau yang sifatnya tagihan dilakukan secara official assesment, maka system billing Bea Cukai hanya dapat diakses oleh petugas cukai yang bersangkutan.

Untuk kedepannya, system billing Bea dan Cukai yang tagihannya bersifat self assessment bisa diakses oleh umum. Tunggu saja systemnya launcing, ya.

Langkah Pendaftaran Akun Pajak Online telah selesai. Langkah berikutnya yaitu dilanjutkan dengan peroses pembuatan Billing. Insya Allah akan di posting di blog ini juga. So, tungguin ya, Cyiiiint. :mrgreen:

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *