Mitos Salah Seputar Komputer

Setelah beberapa tahun lalu admin satu ini bikin postingan tentang lima mitos seputar komputer , kali ini admin akan keamananmenambahkan lagi tentang Mitos Salah Seputar Komputer yang pembaca harus baca dengan seksama.

Di jaman teknologi yang sudah super canggih ini, tidak sedikit orang yang mempercayai mitos, sebagian besar warga Indonesia saya yakin masih percaya tentang mitos-mitos yang ada didaerah masing-masing. Tapi! seiring dengan berjalannya waktu, mitos itu lama-lama akan ditinggalkan dan beranjak dengan kebiasaan modern mereka , tapi apakah mitos seputar tentang komputer juga akan ditinggalkan juga , yuk mari kita simak beberapa mitos salah seputar komputer ini :

 

Mac dan Linux lebih aman : Mac = Setiap tahun komunitas para hacker diajang yang bertajuk Hacking Challenge, selama tiga tahun berturut-turut, dalam hitungan menit OS X Apple dapat diterobos . Linux= walapun saya juga membenarkan mitos ini pada jaman saya masih SMA dulu , tapi kali ini saya menyalahkan mitos ini, walaupun Linux agak sulit diterobos oleh virus tapi Linux masih bisa terkena virus kok, Ibarat kata / pemikiran sederhananya . Tukang bikin virus lebih memilih marketplacenya lebih besar ketimbang Linux itu sendiri , walaupun tidak bisa dibantah Linux juga melakukan perkembangan besar dalam dekade ini.

Dipukul / digebrak langsung lancar : 10% mungkin keberuntungan 90% salah kaprah , tidak cuman komputer , laptop , televisi , radio , handphone , DVD player , Entah hoki atau apa ! pas sekali gebrak kadang alat elektronik yang saya sebutkan tadi bisa lancar sendirinya, saya pernah sekali mengalaminya komputer terkesan lambat saat saya sedang butuh banget komputer itu , eh saking emosinya saya gampar aja tuh komputer , eh ternyata malah lancar , usut bin usut ternyata kipas prosesor tidak muter karena debu terlalu banyak nyumpel dikipas :D. Tapi ingat itu hanya keberuntungan saya sekali , kesempatan yang lain saat saya gebrak PC semuanya hancur :v

Habiskan Baterai Sebelum Charge : Efek itu memang memperngaruhi baterai (nikel cadmium/NiCd) di gadget tempo dulu, tapi tidak berlaku  masa kini seperti ion litium dan NiMH, lihat perbandingan ini kasusA. Baterai yang di isi 100% full mampu memotret 100 gambar di kamera digital . kasusB. Baterai yang diisi 100% full sembari dicolok charger mampu memotret 95 gambar . kasusC. Baterai yang diperlakukan dengan baik (melakukan charge sebelum baterai benar-benar habis & melakukan charge harus sampai full baru dilepas)  mampu memotret 98 gambar. Menurut analis dari berbagai sumber yang saya baca , sebaik apapun anda memperlakukan sebuah baterai kemungkinan umurnya bisa bertahab lebih dari lima tahun (lumayan), jangan heran jika performa baterai bagus saat pas di tiga tahun pertama

Banyak AV (Anti Virus) lebih aman : mungkin Anti Virus diibaratkan seorang satpam/guardian jadi semakin banyak satpamnya semakin susah tuh virus masuk , alhasil dari kebanyakan satpam ada software antivirusnya conflict atau atau RAM yang kelebihan beban .

Percepat komputer dengan menambahkan RAM : kemungkina benar tapi dengan tanda kutip , komponen utama pada sebuah komputer adalah HD, RAM , Prosesor , Kartu Grafis (VGA), Jadi walaupun anda upgrade RAM segede gajah kalau tidak mengupgrade komponen laiinya sama saja timpang sebelah .

Format atau hapus data di HD hilang selamanya : tidak semudah itu menghapus semua data secara permanen dalam komputer atau laptop kamu. Dalam salah satu contoh kasus . Susan sudah bosan dengan gadget atau laptop anda kepingin beli yang baru, sebelum menjual barang tersebut Susan melakukan  format/menghapus semua data di memory /HD . Setelah beberapa hari /minggu/bulan muncul foto susan telanjang di berbagai situs dan media sosial. Masih ingat kan software yang di bagikan admin cantik dan baik beberapa tahun yang  lalu tentang  Cara mengembalikan data yang hilang , itu mungkin salah satu tool untuk memunculkan kembali data yang sebenarnya ingin kamu hapus secara permanen. Lalu bagaimana cara menghapus secara permanen , untuk memastikan data kamu benar-benar hilang dengan permanen pakailah tool yang dapat meng-overwrite data sehingga tidak bisa dipulihkan kembali , atau tool untuk wipe data didalamnya seperti DriveScrKliubber.

Klik Refresh agar cepat : ini mungkin mitos terakhir diposting ini yang bikin saya senyum-senyum sendiri dimalam hari sambil posting :D, ingat nggak jaman dahulu saat masih pakai windows XP , saat menghidupkan PC tersebut kamu diharuskan pencet F5 atau refresh berulang-ulang. Aku kira jaman dahulu itu untuk mempercepat kinerja PC , eh taunya fungsi dari rfresh itu cuman untuk reload ulang saja, tapi untuk sebagian user, fungsi F5 atau refresh itu untuk mengececk apakah PC sedang  banyak load atau tidak. Sederhananya jika kamu klik refresh berulang-ulang PC kamu gegas menanggapinya berarti PC kamu sudah siap untuk bekerja , tapi jika saat kamu refresh berulang tapi nggak nyaut-nyaut berarti PC kamu sedang LOAD program-program yang masih harus diaktifkan seperti AV , Wifi , Bluetooth atau yang laiinya 😀

Sebenarnya masih banyak lagi mitos seputar komputer yang beredar disekitar kita , pembaca boleh juga kok menambahkan (bisa buat modal saya untuk posting nanti) , atau pembaca juga boleh menambahkannya dikolom komentar , yang terpenting anda boleh mempercayai mitos diatas tapi anda juga boleh tidak percaya dengan mitos diatas, terima kasih sudah diluangkan waktu untuk membaca artikel ini .

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *