Penjelasan Satuan KB dengan Kb dan MB dengan Mb

Timeout occured while processing the operation pada
Timeout occured while processing the operation pada

KB dengan Kb dan MB dengan Mb huruf sama cuman beda besar dan kecil satu huruf saja , sekilas sama dan mungkin sebagian orang awam tidak begitu menyadari bahwa sebenarnya satuan tersebut berbeda. Di jaman yang sudah terlalu modern begini , internet menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari , apa saja bisa kita dapatkan dengan search Google saja , bayangkan saja dengan seacrh google bisa merubah semua orang , dari orang yang nggak bisa masak , menjadi bisa memasak hanyak dengan search resep makanan, dan masih banyak lagi keuntungan positif dari internet bila kita bisa memilah dengan baik-baik.

Lanjut ke point utama tentang KB (bukan Keluarga Berencana) tadi , sering saya menjumpai masalah komplain pelanggan masalah kecepatan yang tidak sesuai dengan brosur , contoh pengguna berlangganan internet dengan paket 1MB , bagi orang awam (saya pribadi juga pernah mengalaminya) paket 1MB kecepatannya setidaknya kurang lebih juga 1MB juga , ha.ha . kemampuan otak jenius saya saat pertama kali di beri tanggung jawab untuk menunggu disebuah warnet he.he.

Namun setelah saya penasaran dan saya coba-coba baca tentang satuan kecepatan saya menyadari bahwa saya tidak jenius . Mari langsung disimak saja Penjelasan Satuan KB dengan Kb dan MB dengan Mb.

—————————————————————————–

Byte ditulis dengan simbol atau huruf KB = KiloByte
Bit ditulis dengan simbol atau huruf Kb = Kilobit

—————————————————————————–
1 Byte = 1 huruf
1 KiloByte (KB) = 1024 Byte
1 MegaByte (MB) = 1024 KiloByte (KB)
1 GigaByte(Gb) = 1024 MegaByte(MB)

—————————————————————————–
Untuk Kecepatan Transfer
1Byte = 8 Bit

Jadi jika anda berlangganan paket internet Up To 2Mbps

Berarti jika 1MB = 1024 KB

Maka :

2 x 1024 : 8 = …

2 x 1024 = 2048

2048 : 8 = 256

jawabannya = 256 KBps

keterangan = jadi jika anda berlangganan paket internet dengan kecepatan Up To 2Mbps , berarti kecepatan download rata-rata kurang lebih 256 KB. untuk kecepatan segitu anda sudah bisa menikmati youtube tanpa buffer dan download lumayan kenceng , tapi jangan lupa ada harga ada rupa semakin besar paket internet anda semakin besar pula besar bayaran perbulan anda 😀

kesimpulannya : banyak dari kita yang banyak belum paham dengan perbedaan byte dan bit , promo dan brosur tentang paket internet yang membuat kita salah mengartikanya , dengan paketan internet 2Mbps kita berpikiran bawah sebesar itulah kecepetan internet yang harusnya kita dapatkan, oleh karena itu semoga artikel ini bisa menjadi masukan untuk pembaca dan terutama untuk diri saya sendiri .

penting : untuk menghasilkan 1Byte diperlukan 8bit (karena ukuran waktu menggunakan satuan bit)

Nb : untuk kecepatan menggunakan modem ADSL atau anda berlangganan speedy tidak perlu dikawatirkan tentang kecepatannya , tapi berbeda lagi dengan anda menggunakan modem dengan kartu perdana ponsel , kecepatannya sering berubah , tergantung dari banyaknya pemakai.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *